Ketua DPRD Natuna Hadiri Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur Laut, Singgung Pembangunan SDM

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, Daeng Amhar secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan. Bertempat di Aula Kantor Camat Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna. Rabu (8/3/2023).

Mengawali acara rombongan Bupati disambut dengan silat khas melayu dan juga tari persembahan sekapur sirih.

Camat Bunguran Timur Laut, Yunalis dalam sambutannya menjelaskan kondisi geografis masing-masing desa di Kecamatan Bunguran Timur Laut, kemudian dia juga menyampaikan total usulan sebanyak 2104 usulan dari Musrenbang tingkat desa.

Lebih lanjut Yunalis menyampaikan mengingat kondisi keuangan daerah yang terbatas, kami pangkas menjadi 10 usulan tiap-tiap desa pada pra musren tingkat Kecamatan.

Foto – suarasiber.com/Zulrifansyah

Pada kesempatan ini Yunalis berharap di Musrenbang Kecamatan ini untuk minimal satu usulan disetiap desa yang ada diwilayahnya serta tiga usulan dari Kecamatan dapat menjadi prioritas dan bisa terealisasi.

Sementara itu, Bupati Natuna dalam sambutannya menyampaikan, secara umum permasalahan pembangunan tentunya tidak terlepas dari kondisi keuangan Pemerintah daerah.

Bupati turut menjelaskan kronologis jumlah APBD Natuna dari awal beliau menjabat pada 2021 sampai 2023 mengalami defisit dan dipangkas serta tunda salur dari Pemerintah pusat kepada Pemerintah daerah sehingga adanya kegiatan yang tertunda pembayarannya kepada pihak ketiga serta berimbas beberapa kegiatan maupun program tidak jadi dilelang.

“Yang tidak kalah pentingnya beberapa usulan ini sudah ada di DPA, akan tetapi kita juga melihat kondisi keuangan daerah baru berani kita lelang kegiatan di tahun ini,” jelas Wan Siswandi

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, pembangunan SDM yang telah lakukan Pemerintah daerah diantaranya berbentuk kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi.

“Dan untuk anak-anak daerah mengenyam pendidikan disana guna menjadi SDM unggul dan bisa bekerja pada industri yang menjadi disiplin ilmu mereka,”ucap Amhar.

Hadir dalam Musrenbang ini Ketua dan Wakil DPRD serta anggota Dapil 1, Tim Asistensi dan Kepala OPD, unsur Forkopimpcam serta Kepala Desa se Kecamatan Bunguran Timur laut. (Zulrifansyah)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...