Ismeth Abdullah Lolos Verfak Pertama Bacalon DPD RI, Tiga Nama Belum Memenuhi Syarat

Loading...

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri baru saja merilis 14 dari 17 nama bakal calon anggota DPD RI yang memenuhi syarat dukungan minimal untuk bisa ikut berkontestansi di pemilu 2024. Ismeth Abdullah lolos dengan dukungan 2.977 suara dukungan awal.

Pengumuman hasil verifikasi faktual (verfak) tersebut dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kepulauan Riau, Rabu (1/3/2023).

Dari 17 nama, terdapat tiga nama yang statusnya Belum Memenuhi Syarat (BMS). Ketiganya ialah Andhika Bintang Prasetya, Juanda dan R Imran Hanafi.

Anggota Komisioner KPU Kepri, Arison, mengatakan hasil verfak yang diplenokan bukan merupakan tahapan akhir bagi bacalon. Masih diberikan kesempatan memperbaiki persyaratan sampai 11 Maret mendatang.

“Ini belum tahapan akhir, masih ada verifikasi faktual administrasi berikutnya di tanggal 12 Maret mendatang,” ungkapnya.

Proses verifikasi faktual pertama untuk 17 bacalon yang maju di DPD RI dilaksanakan 6 – 26 Februari. Selanjutnya, pada 2-11 Maret KPU fokus melakukan proses perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilihan oleh calon anggota DPD.

Kemudian KPU melakukan verifikasi administrasi perbaikan ke dua yang dilangsungkan mulai 12 – 21 Maret. Penetapan keputusan hasil verifikasi syarat dukungan oleh KPU baru diputuskan pada 13 – 17 April mendatang.

Salah satu bacalon yang masih BMS, Raja Imran Hanafi mengaku menerima hasil yang dilakukan tim KPU tersebut. Ia menyebutkan proses yang dilakukan KPU dinilainya dilakukan secara profesional dan prosedural.

Mulai dari mencocokkan data administrasi sampai melakukan uji dukungan di lapangan terhadap syarat Identitas Kependudukan terhadap dirinya.

“Iya sejak awal BMS kita sudah pasrah. Ini proses, selanjutnya kita fokus pensiun dulu, setelah itu apakah bergabung di partai politik, kita lihat nanti,” ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Liaison Officer Ismeth Abdullah, Rionaldi mengucap syukur atas perolehan dukungan dari masyarakat kapada Ismeth Abdullah yakni 2.800 dukungan.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dan bangga atas kerja keras tim berjuang. Ke depan kita fokus pendaftaran di 1 – 14 Mei mendatang,” jelasnya, dan akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mendapatkan dukungan yang signifikan.

Sebelumnya, pada 4 Februari 2023 lalu, Ismeth mengatakan apabila terpilih nanti, ia akan menaruh perhatian yang serius terhadap penetapan Rancangan Undang-Undang (RUU) Provinsi Kepulauan yang masih mangkrak tersebut.

Baginya, RUU tersebut memiliki arti penting untuk seluruh daerah kepulauan di Indonesia, khususnya bagi Provinsi Kepulauan Riau. (syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...