Ditjen Hubla Kemenhub Adakan Mudik Gratis Sepeda Motor, Ini Syaratnya

Loading...

Suarasiber.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut.

Mudik dengan tagline MudikAmanBerkesan ini dilaksanakn di dua pelabuhan, yakni Jakarta dan Semarang.

Dilihat suarasiber dari hubla.dephub.go.id, Kamis (23/3/2023), dari Jakarta jadwalnya 15 dan 17 April 2023 menggunakan MK Dobonsolo. Rutenya Tanjungpriok Jakarta ke Tanjung Emas, Semarang.

Sementara dari Semarang dengan rute Tanjung Emas Semarang ke Tanjungpriok Jakarta menggunakan kapal yang sama dilaksanakan pada 25 dan 28 April 2023.

Syarat dan ketentuannya ialah:

Peserta wajib mendaftar online melalui mudikgratis.dephub.go.id dengan syarat identitas diri berupa KTP dan SIM C. Bagi yang membawa anak di bawah usia 17 tahun wajib membawa KK, serta STNK sebagai bukti kepemilikan sepeda motor.

Peserta yang berhasil mendaftar online wajib melakukan verifikasi ke posko yang disediakan dengan membawa identitas diri, SIM C, KK dan STNK motor paling lambat 2×24 jam setelah tanggal pendaftaran.

Syarat sepeda motor harus dalam kondisi layak jalan, tidak ada modifikasi yang mengganggu proses pengangkutan ke kapal. Juga dilarang menambah box di samping kanan kiri dan belakang.

Jumlah helm harus sama dengan jumlah penumpang.

BBM wajib dalam keadaab maksimal 1 liter per motor.

Seluruh peserta mudik gratis diwajibkan melakukan vaksin Covid-19.

Pendaftaran dimulai 23 Maret dan berakhir 5 April 2023. Verifikasi 24 Maret – 7 April 2023.

Sementara pendaftaran langsung bisa dilakukan tanggal 3 – 13 April 2023. Lokasi verifikasi dan pendaftaran langsung:

Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Barat No 8 Jakarta Pusat.

Terminal penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjungpriok Jalan Panjaitan No 105 Tanjung Priok, Jakarta Utara (masuk dari pintu halte Enggano). (syaiful)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...