Musrenbang Tingkat Tanjungpinang Minggu ke-2 Bakal Dilaksanakan di TCC Mall

Loading...

Suarasiber.com – Musrenbang biasanya dilaksanakan di kantor kelurahan atau kecamatan dan sejensinya. Bagaimana jika Musrenbang dilakukan di mall?

Hal itulah yang digagas Wali KOta Tanjungpinang, Hj Rahma SIP.

“Musrenbang tingkat kota minggu kedua Maret nanti, kita coba laksanakan di Mall TCC. Agar masyarakat lebih banyak tahu, seperti apa proses program dan kegiatan yang akan mereka nikmati tahun depan dilaksanakan. Kedepankan asas efektif efisien, transparan dan akuntabel,” jelas Rahma.

Demikian disampaikan Rahma saat membuka Forum Perangkat Daerah di Gedung Wanita Tun Fatimah, Senggarang, Senin (27/2/2023).

Pada kesempatan ini, Wali Kota Tanjungpinang meminta seluruh jajaran perangkat daerah menghindari kegiatan-kegiatan yang hasilnya tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Penyusunan program dan kegiatan diarahkan pada penguatan ekonomi kerakyatan,” pintanya.

Pejabat perangkat daerah juga diingatkan untuk mempertajam usulan masyarakat yang terakomodir dalam Musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan. Caranya dengan melakukan perhitungan yang cermat terhadap kemampuan dan kekuatan struktur pembiayaan yang tersedia.

“Perhatikan lima skala prioritas di tiap-tiap kelurahan. Pasca pendemi Covid, kuatkan ekonomi kerakyatan. Kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting, prioritaskan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat,” tegas Rahma.

Forum Perangkat Daerah Kota Tanjungpinang kemarin diikuti oleh seluruh kepala OPD, Forum RT/RW, akademisi, praktisi, dan organisasi kemasyarakatan, disiarkan langsung melalui Youtube Diskominfo Kota Tanjungpinang.

Meski tidak dihadiri seorang pun anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Rahma juga minta agar OPD mampu mengakomodir pokok-pokok pikiran yang nanti akan diusulkan oleh anggota Dewan.

Forum Perangkat Daerah yang akan dipergunakan sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, sambung Rahma, adalah dokumen perencanaan tahunan pemerintah daerah yang berindikasi pada program dan kegiatan secara terencana. Oleh sebab itu Rahma menekankan pentingnya akurasi data, agar pelaksanaan program dan kegiatan tepat kepada sasaran.

“Jangan hanya mengandalkan data yang tersedia, namun lakukan pengecekan kembali atau divalidasi. Hingga Ketika dilaksanakan nantinya, program tersebut langsung mengena ke masyarakat sasaran secara optimal,” sambung Rahma.

Prioritas pembangunan Kota Tanjungpinang tahun 2024, beber Rahma, terletak pada beberapa sektor. Antara lain, penguatan ekonomi kerakyatan dan investasi sesuai potensi daerah, peningkatan infrastruktur wilayah yang berkualitas merata dan pro lingkungan, peningkatan kualitas pelayanan publik reformasi birokrasi dan penciptaan ketentraman ketertiban umum, serta peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...