Boleh Ditiru, Begini Terobosan Ketua PKK Bintan Tekan Stunting

Loading...

Suarasiber.com – Stunting menjadi isu nasional yang menjadi salah satu fokus pemerintah pusat. Beberapa kali Presiden Joko Widodo meminta kepada semua daerah untuk memberikan perhatian terhadap stunting.

Salah satu provinsi yang dinilai mampu menekan stunting ialah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Semua kabupaten dan kota saling berinovasi agar dapat menekan stunting di wilayahnya masing-masing.

Di Kabupaten Bintan misalnya, angka stunting menunjukkan penurunan yang cukup drastis. Hal ini secara gamblang menjadi cerminan hasil dari kerja keras Pemerintah Kabupaten Bintan dengan seluruh elemen terkait.

Sebagaimana fokus dan prioritas Ketua TP-PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani, berbagai upaya dan terobosan pun terus dilakukan. Pada bulan Februari ini, Hafizha bahkan meminta semua Posyandu melakukan pemberian vitamin A kepada batita dan balita untuk kemudian dilakukan pengukuran berat serta tinggi badan.

“Kita ingin data konkret se-Bintan tentang keadaan anak-anak kita. Kita harus tahu dulu seperti apa kondisinya baru bisa kita rumuskan formulasi kebijakan yang tepat,” ungkapnya di sela memimpin rapat persiapan lomba PHBS tingkat Provinsi Kepri, Jumat (03/02) di Ruang Rapat II, Kantor Bupati Bintan.

Selain itu, dirinya juga meminta agar setiap remaja bisa dicek kondisinya. Terlebih pada mereka yang akan menikah dan nantinya akan memiliki anak. Pengecekan kondisi kesehatan akan menjadi langkah awal untuk hidup yang lebih sehat.

“Untuk remaja juga, jadi tidak hanya orang tua tapi generasi muda juga paham apa itu stunting dan bagaimana cara menghadapinya,” pungkas Hafizha, dikutip dari Diskominfo Bintan. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...