free page hit counter

Wistawan Asing Perdana 2023 Datang ke Kota Tanjungpinang, Disambut Sekda

Loading...

Suarasiber.com – Awal tahun 2023 menjadi penanda yang baik bagi iklim pariwisata di Kota Tanjungpinang. Berbagai kebijakan di masa pandemi Covid-19 telah melumpuhkan dunia pariwisata di Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

Pada tanggal 1 Januari 2023, tiga wisatawan mancanegara asal Singapura masuk ke Tanjungpinang. Mereka adalah wisman perdana yang datang di tahun ini.

Penyambutan wisman perdana ini disambut oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, S.Hut di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

Penyambutan tiga orang wisman asal Singapura ini ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang, dan penaburan beras kunyit oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang. Usai penyambutan, Zulhidayat menyampaikan kedatangan wisman yang berasal dari Singapura ini menjadi permulaan kebangkitan pariwisata di Kota Tanjungpinang dan pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

“Semoga ini menjadi awal kebangkitan pariwisata di Kota Tanjungpinang yang saat ini sudah mulai pulih dan para wisatawan ini merupakan target kita sebagai upaya mengembalikan gairah kunjungan ke Kota Tanjungpinang,” harapan dia.

Saat ini, lanjut Zulhidayat, Pemkot Tanjungpinang tengah berbenah untuk penataan beberapa sektor pariwisata seperti penataan pusat kuliner, pembinaan IKM, pengrajin dan optimalisasi Pulau Penyengat yang menjadi primadona wisata sejarah, religi dan budaya.

“Kita berharap semua yang menjadi prioritas Pemkot Tanjungpinang dalam penataan, pembinaan dan pembenahan sektor pariwisata dapat didukung oleh masyarakat, setidaknya ada kerja sama yang mampu mendorong pengembangan pariwisata di Kota Tanjungpinang dari segi pengetahuan dan wawasan masyarakat yang kita harapkan kepada seluruh generasi muda dalam menyampaikan unsur sejarah, budaya dan tradisi untuk diperkenalkan kepada wisatawan,” lanjutnya.

Data dari Imigrasi Tanjungpinang yang disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, pada tahun 2022 jumlah kunjungan wisman yang masuk ke pelabuhan SBP, baik negara Singapura dan Malaysia mencapai 12.587 wisman. Jumlah ini meningkat tajam dibanding 2021 yang hanya mencapai 364 wisman. (zainal)

Editor Ady Indra P

Loading...