Rektor UMRAH Sambut Kepulangan 4 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022

Loading...

Suarasiber.com – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA menyambut kepulangan empat orang mahasiswa yang telah mengikuti Program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Di Ruang Kerja Rektor lantai 2 Rektorat UMRAH Dompak. Selasa (10/8/2023).

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah salah satu program Kemdikbudristek RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dalam mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA saat menyambut keempat mahasiswa menuturkan bahwa program yang telah disesesaikan oleh keempat mahasiswa tersebut memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa belajar di kampus perguruan tinggi lain.

“Paling tidak pengalaman kalian ini adalah pengalaman yang tidak biasa, saya berharap kalian bisa menjadi trend center atau role model dari mahasiswa lain untuk bisa mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini,” terang Agung dikutip dari website UMRAH.

Selain itu, dirinya mengharapkan setelah selesai dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini bisa membuat mereka lulus dan melanjutkan studi magister S2 di luar negeri.

“Sebagai contoh, lanjut ke University of Rhode Island Amerika Serikat. Namun tidak mesti harus ke Amerika, bisa kemana saja sesuai dengan keinginan kalian,” lanjutnya.

Setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka itu, mereka (mahasiswa) berencana akan mengikuti program magang merdeka yang diadakan di seluruh Indonesia guna menambah pengalaman serta kemampuan mereka.

Pada pertemuan tersebut keempat mahasiswa itu turut bercerita tentang pengalaman dalam program pertukaran mahasiswa merdeka yang mereka jalani di Universitas Negeri Semarang maupun di Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur, membuat mereka senang dengan fasilitas di setiap kampusnya seperti perpustakaan, kemudian benchmarking dengan perusahaan besar, kunjungan belajar dan lain sebagainya.

“UMRAH juga memiliki fasilitas yang sama baiknya dengan kampus tersebut, karena akan segera dibangun perpustakaan dan ruang belajar dengan teknologi terbaru,” tutur salah satu dari mereka.

Menurut Pradipta dosen di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), gelombang II pertukaran mahasiswa merdeka diadakan dari bulan Agustus 2022.

“Pada Program Pertukaran ini pasti saya yakin bisa di konversi menjadi 20 SKS karena memiliki jurusan yang sama,” tuturnya.

“Mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar dari UMRAH ini adalah mahasiswa dengan program studi manajemen dan di kampus tempat mereka belajar pun juga memiliki jurusan manajemen,” tambahnya.

Turut mendampingi dalam penyambutan tersebut dosen pembimbing, kepala jurusan dan Kabiro BAKK. Acara diakhiri dengan foto bersama dan chalange dari Rektor UMRAH yaitu membuat program penilaian untuk menilai kinerja, keterbukaan informasi dan fasilitas yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...