Pilihan Genteng untuk Rumah yang Dibangun di Daerah Panas

Loading...

Suarasiber.com – Genteng menjadi bagian sangat penting dalam pembangunan sebuah rumah. Namun tidak semua genteng bisa dipakai pada semua jenis rumah di lokasi yang berbeda.

Artikel ini ialah tentang genteng yang sekiranya cocok dipasang pada atap rumah yang ada di daerah dengan hawa panas. Sebenarnya, semua jenis genteng tersebut memiliki sifat tahan panas dan tahan terhadap cuaca ekstrim sehingga cocok digunakan di daerah panas.
Namun, genteng keramik dan genteng beton dianggap lebih baik karena lebih tahan lama dan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis genteng lainnya.

Genteng untuk Rumah di Lokasi Panas

Berikut ini adalah beberapa genteng yang bisa untuk atap rumah di lokasi panas beserta kelebihan dan kekurangannya, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Genteng Keramik

Kelebihan: Tahan panas, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan lama, tidak mudah rusak, tidak mudah terbakar, dan memiliki desain yang beragam.

Kekurangan: Harga yang cukup mahal dan berat sehingga memerlukan struktur atap yang kuat.

Genteng Beton

Kelebihan: Tahan panas, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan lama, tidak mudah rusak, tidak mudah terbakar, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan genteng keramik.

Kekurangan: Desain yang terbatas dan berat sehingga memerlukan struktur atap yang kuat.

Genteng Metal

Kelebihan: Tahan panas, tahan terhadap cuaca ekstrim, tidak mudah rusak, tidak mudah terbakar, ringan, dan harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan: Desain yang terbatas dan suara hujan yang keras ketika mengenai atap.

Genteng Asbes

Kelebihan: Tahan panas, tahan terhadap cuaca ekstrim, tidak mudah rusak, tidak mudah terbakar, dan harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan: Berbahaya bagi kesehatan karena mengandung asbes, juga tidak diperbolehkan lagi dipergunakan di negara-negara maju.

Genteng Kaca

Kelebihan : memberikan cahaya alami yang cukup dan tidak mudah terbakar

Kekurangan : harga yang cukup mahal dan rentan terhadap kerusakan karena beban yang berat.

Genteng Teraso

Kelebihan: Tahan panas, tahan terhadap cuaca ekstrim, tidak mudah rusak, tidak mudah terbakar, dan desain yang beragam.

Kekurangan : harga yang cukup mahal dan berat sehingga memerlukan struktur atap yang kuat.

Semoga bermanfaat. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...