free page hit counter

Jalan Merdeka Seperti Malioboro-nya Kota Tanjungpinang, Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau merevitalisasi kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang pada tahun 2022 lalu, kini tampak hasilnya. Kota lama tersebut kini jauh lebih menawan, memesona dan instagramable.

Adapun membenahi dan mempercantik kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang ini sudah menjadi bagian dari program strategis Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad sejak awal dilantik.

Tampilan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang kini telah berhasil disulap oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menjadi sedemikian cantik,  estetik dan terkesan heritage, serta layak menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat kota Tanjungpinang.

“Alhamdulillah biarpun belum sempurna, karena kita lakukan memang secara bertahap. Namun dengan hasil yang sudah kita lakukan saat ini, cukup membuat masyarakat senang. Tempat masyarakat berfoto dan bersantai. Dan memang sudah saatnya Tanjungpinang ini kita benahi. Apalagi ini sebagai ibu kota Provinsi Kepri. Siapa lagi yang mau mulai melakukan ini, kalau tidak kita,” kata Gubernur Ansar, Jumat (13/1/2023), melansir rilis Diskominfo Kepri.

Apa yang dikatakan Gubernur tersebut bahkan dapat dilihat dengan ramainya masyarakat yang tidak hanya memanfaatkan sepanjang kawasan kota lama jalan Merdeka sebagai tempat berbelanja, namun juga tempat melepas penat sambil duduk-duduk santai serta bersenda gurau bersama keluarga atau sahabat. Tampak ramai masyarakat menyusuri sepanjang kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang sambil menikmati suasana heritage yang tercipta serta merasakan berbagai fasilitas yang ada.

Ketika hari berganti malam, warna- warni lampu menghias indah, dan  membuat kesan kota lama semakin menjadi lebih memesona. Goresan mural juga tampak terukir rapi di sudut dinding ruko di jalan merdeka menambah daya tarik tersendiri.

Salah seorang pengunjung yang ditemui di jalan Merdeka, Putra, yang terlihat berfoto di kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang mengatakan bahwa tak percaya dengan tampilan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang saat ini.

“Awalnya tak percaya, sudah seperti di kota-kota besar lainnya, tampilannya dibuat eksotis sehingga sangat cocok untuk berfoto. Kalau mereka yang tak tahu mungkin mereka kira ini di Yogyakarta,” kata Putra

Selain berswafoto di kawasan kota lama Tanjungpinang, Putra bersama rekannya juga terlihat duduk bersantai di salah satu bangku pelengkap trotoar yang disediakan.

“Pokoknya baguslah jalan Merdeka sekarang, yang dulunya hanya sebatas kawasan pasar biasa menjadi kawasan istimewa dan mempesona,” jelas Putra

Tak hanya Putra, ada Lisa, salah seorang pelajar di salah satu sekolah di Tanjungpinang mengaku senang mendapatkan banyak spot foto yang bagus dan Instagramable di kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang saat ini.

“Iya banyak spot foto keren, ingin foto untuk di post di Instagram,” jawab Lisa malu-malu.

Lisa bersama temannya pun berharap ke depan akan lebih banyak tempat wisata dan spot foto yang bagus untuk semua orang.

Tak hanya untuk masyarakat yang berkunjung dan menikmati keindahan kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang saja, tapi revitalisasi kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang ini juga membawa keberkahan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ya berada disekitar kawasan tersebut.

Salah seorang pedagang disekitar kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang Eli mengaku mendapat keberkahan dari penataan kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang ini.

“Alhamdulillah, sedikit ada perubahanlah,  masyarakat kadang beli minuman untuk duduk di bangku-bangku itu,” ujar Eli.

Eli bersyukur sekali dengan adanya kebijakan pemerintah Provinsi Kepri merevitalisasi kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang menjadi lebih indah dan mempesona ini mampu meningkatkan sedikit perekonomiannya.

Dengan cantiknya kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang ini diharapkan tak hanya menunjang pertumbuhan ekonomi di kota Tanjungpinang dan meningkatkan pariwisata di ibukota Provinsi Kepri.

Nantinya tak hanya kawasan kota lama jalan Merdeka Tanjungpinang saja, perlahan-lahan dan secara bertahap spot-spot lain yang berada di kota Tanjungpinang akan di percantik.

Hal ini mengingat sebagai Ibukota Provinsi Kepri sudah saatnya kota Tanjungpinang untuk berbenah dan cantik dari segi pembangunannya.

Tak hanya itu, sebagai komitmen Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, di tahun 2023 proyek merevitalisasi kawasan kota lama ini akan dilanjutkan kembali. Dimulai dari jalan Tengku Umar hingga simpang KFC, Gereja Ayam hingga ke sekitar kawasan Masjid Raya Tanjungpinang. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...