Belum Tahu Soegi Bornean yang Diundang di Peresmian Jalan Layang Ramayana? Baca Ini

Loading...

Suarasiber.com – Belakangan lagu Asmalibrasi memang kerap terdengar mengalun di telinga warganet. Terlebih bagi pengguna sosial media, seperti TikTok dan Instagram.

Lagu dengan lirik yang cenderung mendayu-dayu tersebut merupakan karya dari grup musik Soegi Bornean. Tak ayal jika kemudian banyak masyarakat yang ingin tahu lebih dalam mengenai band yang satu ini. Termasuk dengan arti nama, genre musik, hingga profil personil.

Soegi Bornean sendiri sebenarnya diambil dari dua kata, yakni Soegi yang dalam bahasa Jawa dimaknai sebagai Sugih atau Kaya. Sedangkan Bornean, mengambil dari nama pulau di Kalimantan, yakni Borneo.

Hal ini tidak lepas dari kecintaan mereka pada daerah tersebut.

Meski band tersebut lahir di Semarang pada 21 April 2019 lalu, namun pada dasarnya para personil yang terdiri dari Fanny, Damar, dan Aditya ini memang memilih genre folk pop dengan nuansa Jawa-Kalimantan.

Tak ayal jika banyak perpaduan dari dua budaya tersebut terdengar dalam karya-karya Soegi Bornean.

“Kami memiliki selera musik berbeda-beda. Kemudian kami pun memutuskan untuk mengangkat jenis musik yang berbeda pula,” ujar Dimas, gitaris Soegi Bornean.

Hal tersebut di benarkan oleh sang vokalis, Fanny. Menurutnya, perpaduan nuansa Jawa dan Kalimantan tersebut saat mereka bawakan ternyata cukup match. Sehingga mereka pun berkomitmen akan terus membawakannya.

Soegi Bornean sendiri pada pertengahan tahun ini telah melakukan tour pertamanya di delapan kota di Pulau Jawa. Mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Jogja, Solo, Surabaya, dan Malang.

Tour tersebut diberi nama seperti nama mini albumnya, yakni Atma Bersua. Atma bermakna jiwa, sedangkan bersua ialah berbicara. Atma Bersua atau jiwa yang berbicara ini memiliki sebuah pengharapan agar apa yang dibuat dapat tersampaikan.

Mini album Atma Bersua sendiri terdiri dari enam lagu, di antaranya Asmalibrasi, Pijaraya, Haribaan, Saturnus, Kala, dan Bait Perindu. Adapun Raksa, Semenjana , dan Samsara merupakan beberapa lagu dari album keduanya.

“Raksa merupakan lagu pembuka dari album selanjutnya yang sedang kami siapkan. Lagu ini memang bukan bagian dari Atma Bersua,” ujar Fanny, melansir beritajatim.com.

Ia juga menjelaskan bahwa album terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada akhir 2022 atau awal 2023 ini, terdiri dari sepuluh lagu. Di mana sebenarnya semua sudah siap, hanya tinggal menunggu waktu untuk dirilis.

Adapun berikut ini profil singkat dari para personil Soegi Bornean.

Nama: Febby Soegiarto (Vokalis)
Tempat dan tanggal lahir: 7 september 1999
Asal: Kalimantan

Nama: Aditya Ilyas Saputra (Gitaris)
Tahun Kelahiran: 1998
Asal: Semarang
Agama: Islam

Nama: Bagas Prasetyo (Gitaris)
Asal: Semarang. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...