Menkes Budi Minta Lulusan Poltekkes Kemenkes Mampu Penuhi Kebutuhan Nakes di Daerah

Loading...

Suarasiber.com – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) SDM Kesehatan pada Senin 28 November 2022. Ia meminta kepada lulusan Poltekkes Kemenkes mampu memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di daerah.

“Terima kasih atas kerja sama Kemkes dengan LPDP dan selamat kepada Tim Champion Poltekkes Kemenkes yang tengah berjuang untuk menghasilkan kualitas SDM Kesehatan yang terbaik. Lulusan Poltekkes Kemenkes harus mampu memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di seluruh daerah dan kualitasnya memenuhi standar Internasional,” ujar Menkes Budi, dilansir dari kemenkes.go.id.

Penelitian Poltekkes Kemenkes harus yang sifatnya melaksanakan evaluasi keberhasilan program Kemenkes seperti stunting, screening kesehatan, imunisasi dasar, dan revitalisasi Posyandu.

Untuk mencapai hal tersebut, Kemenkes melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan melakukan penandatanganan MOU dengan Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan terkait program beasiswa dokter spesialis dan dokter subspesialis.

Dirjen Tenaga Kesehatan drg Ariyanti Anaya, MKM mengatakan peran SDM kesehatan, khususnya tenaga kesehatan perlu bekerja kolaboratif dengan seluruh pihak, sebagaimana yang direpresentasikan pada 6 (enam) pilar transformasi kesehatan

“SDM kesehatan menjadi salah satu yang perlu didukung untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di daerah,” ucap Dirjen Ariyanti.

Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso berujar beasiswa itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dokter di Indonesia.

“Karena seperti diketahui, dokter memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan ketika Indonesia dilanda pandemi COVID-19 yang sangat berimbas pada aspek kesehatan,” ujar Dwi.

Rakornas diselenggarakan dalam rangka melaksanakan peta jalan Transformasi SDM Kesehatan yang merupakan pilar penting dalam 6 pilar Transformasi Sistem Kesehatan 2021-2024.

Rakornas SDM Kesehatan menghadirkan banyak narasumber penting diantaranya, Kepala Puskes TNI, BKN, Kemenpan RB, Kemenkeu, KKI, KTKI, AIPKI, Kemendes PDT, Kemendagri, dan Kemendikbud Ristek.

Rakornas kali ini memberikan apresiasi atau penghargaan kepada Kepala Daerah, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota, Rumah Sakit, Organisasi Profesi, Sektor Swasta dan para mitra kerja Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan yang telah memberikan kontribusi besar serta dukungan yang kuat kepada Kementerian Kesehatan guna mencapai target indikator pilar 5, Transformasi SDM Kesehatan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...