free page hit counter

Elektabilitas Prabowo Disalip Anies, Ganjar Tetap Posisi Teratas

Loading...

Suarasiber.com – Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) turun disalip Anies Baswedan. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada November 2022.

Dalam keterangan pers melalui kanal Youtube, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi mengatakan tingkat elektabilitas Prabowo 23,9 persen.

“Padahal pada survei sebelumnya pada September 2022 elektabulitasnya 29,1 persen,” ujar Burhanudin, Kamis (1/12/2022) siang.

Ia menyebut ada kemiripan basis pemilih Prabowo dan Anies. Ia menduga akan banyak pemilih Prabowo akan pindah ke Anies.

Tingkat elektabilitas Anies pada survei kali ini 32,2 persen, naik dibandingkan bulan sebelumnya yang 25,7 persen.

Posisi paling atas tetap milik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mencatatkan nilai elektabilitas 33,0 persen. Angka ini turun 2,3 persen dibandingkan survei sebelumnya. Tingkat kepercayaannya diklaim 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Pada survei yang dilakukan lembaga lain, yakni Charta Politika disebutkan Ganjar akan tetap dipilih mayoritas pendukungnya jika menjadi Capres dari partai lain.

Mayoritas pendukung Ganjar Pranowo akan tetap memilih sosok Gubernur Jawa Tengah itu jika dia diusung sebagai calon presiden (capres) dari partai selain PDI Perjuangan, kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022). (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...