Kemendikbudristek Luncurkan Wirausaha Merdeka bagi Mahasiswa yang Gemar Bisnis

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Wirausaha Merdeka. Diharapkan mampu melahirkan wirausaha muda dari kalangan mahasiswa.

“Program Wirausaha Merdeka ini memberikan peluang untuk para mahasiswa mengembangkan kemampuan wirausaha, serta dapat menyelesaikan persoalan bangsa ke depan,” ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, Kamis (3/11/2022), melansir kemdikbud.go.id.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu anggota tim Wirausaha Merdeka, Bryan Erfanda Putra menyampaikan bahwa implementasi Wirausaha Merdeka pada tahun 2022 sudah mendapatkan tanggapan yang baik dari perguruan tinggi pelaksana.

“Saat ini sudah ada 17 perguruan tinggi pelaksana dari seluruh Indonesia, diikuti oleh 11.000 lebih mahasiswa yang lolos program Wirausaha Merdeka,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan Bryan, para mahasiswa yang mengikuti Wirausaha Merdeka terlihat sangat antusias hingga sudah ada yang memiliki usaha dan mendaftarkan merk usaha mereka. “Hal ini menjadi salah satu milestone yang luar biasa terkait implementasi program Wirausaha Merdeka saat ini,” urainya.

Bryan menjelaskan, mahasiswa yang mengikuti program Wirausaha Merdeka akan fokus untuk belajar wirausaha full satu semester bersama dengan para praktisi, para mentor, dan para trainer berpengalaman, serta dibantu untuk bertemu dengan para investor.

“Jadi tidak hanya belajar tentang mindset, namun belajar juga tentang basic wirausaha,” ungkap Bryan.

Salah satu mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka, Fuji Lestari Arsyad, menuturkan beberapa pengalaman yang didapatkan melalui program Wirausaha Merdeka. Baginya, program Wirausaha Merdeka memberikan pengalaman langsung dengan melakukan sesuatu hal baru yang dapat diimplementasikan secara langsung melalui kegiatan berbisnis.

Mahasiswa seluruh jenjang, baik D3, D4, S1, S2, dan S3 di seluruh Indonesia bisa mendaftar untuk mengikuti Program Wirausaha Merdeka ini melalui laman wirausahamerdeka.id. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...