Sumpah Pemuda, Jalan Merdeka Jadi Lokasi Festival, Pameran Foto dan UMKM Fest

Loading...

Suarasiber.com Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022 yang jatuh pada hari Jum’at, 28 Oktober 2022, akan diisi dengan berbagai kegiatan kepemudaan, UMKM Fest, perlombaan online dan offline, serta ajang kreativitas pemuda Kepri yang dirangkum dalam Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022.

Festival dihelat Pemprov Kepri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dengan tema “Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa”. Rangkaian festival akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Merdeka Tanjungpinang diawali dengan kirab pemuda dengan rute Gedung Daerah menuju venue utama di Jalan Merdeka tepat seusai pelaksanaan Upacara Peringatan.

Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan mengatakan perhelatan Festival ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Kepri terhadap pembangunan sumber daya manusia utamanya pemuda yang memilki peran sendiri dalam membangun dan mempersatukan Bangsa Indonesia.

“Sesuai dengan tema peringatan sumpah pemuda 2022 nasional yakni, ‘bersatu bangun bangsa’, melalui festival ini kita berharap rasa persatuan dalam pembangunan bangsa akan muncul di benak para pemuda di Kepri, untuk menghapuskan sifat-sifat apatis dan egoisme, sehingga masa depan bangsa akan aman di tangan para pemuda” ungkap Hasan di Tanjungpinang, Senin (24/10/2022).

Festival direncanakan akan dibuka langsung oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad di Panggung Utama Jalan Merdeka. Hasan menuturkan, pada saat pelaksanaan festival, di sepanjang selasar pertokoan Jalan Merdeka yang saat ini juga sedang dilaksanakan revitalisasi oleh Pemprov Kepri, akan dihiasi dengan Pameran Foto Pemuda serta UMKM Fest sampai ke Jalan Teuku Umar.

“Juga seusai pelaksanaan upacara peringatan, kita akan kirab bersama pemuda dari Gedung Daerah ke Jalan Merdeka, nantinya disana akan ada ajang kreatifitas pemuda Kepri yang diisi perform dari perwakilan karang taruna, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, atraksi marching band serta sampai malam akan ada acara puncak festival sekaligus penyerahan hadiah lomba,” kata Hasan.

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 juga akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan bagi pemuda yang menyasar siswa TK/PAUD, siswa sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi. Perlombaan terbagi atas lomba offline dan online.

“Dengan berbagai lomba yang kita laksanakan nanti, mudah-mudahan muncul talenta-talenta dan kreativitas para pemuda yang mungkin selama ini terpendam, serta mengasah timbulnya persaingan sehat bagi para peserta sehingga mampu mengeluarkan kemampuan dan kreatifitas terbaiknya,” harapnya.

Sebagai informasi, kegiatan lomba offline yang dilaksanakan di sepanjang venue acara akan terdiri dari lomba mewarnai yang diperuntukkan bagi anak TK/PAUD se-Kota Tanjungpinang, kemudian lomba menggambar, Tiktok Competition, Modern Dance Competition, dan Kepri Young Carnaval yang menyasar mahasiswa dan pelajar SMA/SMK sederajat.

Sedangkan lomba online terdiri dari Story Telling Competition, Short Video Competition, Photography Competition, dan Tiktok Video Competition yang menyasar mahasiswa dan pelajar SMA/SMK sederajat. Kemudian Lomba Menulis Surat untuk Gubernur yang menyasar pelajar SMA/SMK sederajat.

Ketentuan, informasi lengkap, serta pendaftaran lomba Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 dapat diakses melalui https://kepriprov.go.id/laman/festival-sumpah-pemuda-kepri-2022 serta seluruh media sosial Diskominfo Kepri mulai 18 Oktober 2022. (ron/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...