Senin Depan Dilantik, Roby Jadi Bupati Termuda di Kepri, Punya Puluhan Ribu Followers Instagram tapi Tawaduk

Loading...

Suarasiber.com – Roby Kurniawan, generasi milenial kelahiran tanggal 3 Juni 1993 akan menjadi kepala daerah termuda (Bupati Kabupaten Bintan) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Generasi milenial (kelahiran 1980 – 2000) punya sejumlah kebiasaan unik, yang tidak dimiliki generasi X. Apalagi generasi baby boomer dan generasi kolonial.

Sejumlah kebiasaan atau karakter unik itu, antara lain mudah beradaptasi, melek teknologi, achievement-oriented (berorientasi pencapaian), open minded (berpikiran terbuka) juga me me me generation (percaya diri tinggi).

Karakteristik unik itu juga terlihat pada Roby Kurniawan. Seperti mudah beradaptasi terhadap banyak hal. Tak hanya dalam pergaulan, teknologi tapi juga politik dan pemerintahan.

Tidak sedikit pihak yang skeptis, saat Roby dilantik menjadi Plt Bupati Bintan. Karena dia harus memimpin pemerintahan di usia muda.

Ada banyak pejabat yang usianya patut dipanggilnya ayah di Pemkab Bintan. Ada banyak parpol yang punya wakil di legislatif. Begitu juga di instansi vertikal kabupaten.

Namun, dalam perjalanan sebagai Plt Bupati Bintan, Roby mengubah pandangan skeptis itu. Bahkan, dalam waktu sangat cepat Roby membuktikan kapasitasnya sebagai pemimpin.

Roby membuktikan diri sebagai generasi milenial yang mudah beradaptasi, melek teknologi, achievement-oriented (berorientasi pencapaian) dan open minded (berpikiran terbuka).

Pemerintahan dan politik di Kabupaten Bintan pun berjalan dengan baik. Dan tanpa gejolak.

Sejumlah kasus korupsi memang terungkap di masa kepemimpinannya sebagai Plt Bupati. Akan tetapi kasus-kasus itu merupakan warisan dari masa sebelum dia menjabat sebagai kepala daerah.

Tawaduk

Selain keunikan positif, karakter generasi milenial lainnya adalah me me me generation (percaya diri tinggi). Karakter yang sekaligus berdampak pada keakuan yang tinggi (ego) atau kepedean.

Tapi Roby membuktikan diri bisa menepikan hal itu. Dalam berbagai kesempatan, Roby selalu memberikan kepercayaan kepada para pejabatnya untuk mewakili dirinya. Tak hanya di tingkat lokal tapi juga nasional.

Bahkan, penghargaan tingkat nasional pun bisa diwakilkan Roby ke pejabat di tingkat dinas. Selain sekretaris daerah dan para asisten bupati.

Sebagai pemimpin daerah, masih muda juga anak gubernur (anak pasangan H Ansar Ahmad – Hj Dewi Kumalasari Ansar), Roby bisa saja bersikap angkuh atau sombong.

Sebuah latar belakang yang mungkin bisa diterima beberapa pihak. Akan tetapi Roby memutarbalikkan kemungkinan itu.

Anak muda yang murah senyum ini justru bersikap tawaduk alias rendah hati alias humble.

Sikap yang dapat dilihat dan terlihat di berbagai momen kegiatannya sebagai Plt Bupati.

Roby memperlihatkan sikap tidak suka dilayani. Juga tidak mau duduk di kursi yang paling menonjol, apalagi yang dihadiri masyarakat.

Dia tidak akan segan turun mencari masyarakat dan bertutur sapa dengan warganya dari pada harus duduk di kursi VVIP.

Sebuah unggahan video pendek di akun Instagram miliknya @robykurniawanansar (16/8/2022) memperlihatkan sikap tawaduk Roby.

Instagramable

Akun Instagram Roby Kurniawan ini diikuti oleh sekitar 32,3 ribu followers. Sekaligus menjadikannya sebagai kepala daerah dengan followers terbanyak di Provinsi Kepri.

Followers Instagram Roby tersebut, bahkan jauh lebih banyak dari Instagram semua OPD di Pemkab Bintan.

Hanya Instagram Disnaker Bintan yang bisa mendekati Roby dengan 11,8 ribu followers.

Kembali ke sikap tawaduk Roby, yang terlihat pada video yang diunggah pada akun Instagram @robykurniawanansar, pada momen penyerahan penghargaan untuk petugas kebersihan.

Para petugas kebersihan yang biasa bertungkuslumus dengan sampah terlihat berdiri tegak di depan.

Roby Kurniawan mendatangi mereka, menyerahkan penghargaan dan menyalami mereka sembari membungkukkan badan hingga sebatas pinggang.

Sebuah sikap yang nyaris tidak pernah ditampilkan semua pejabat di Pemkab Bintan.

Jangankan oleh pejabat eselon I atau II, pejabat eselon III dan IV pun tidak pernah membungkukkan badan seperti itu. Apalagi ke petugas kebersihan.

Dengan sikapnya yang tawaduk ditambah sejumlah karakter unik dari generasi milenial yang melekat padanya, Roby yang akan memimpin Bintan hingga 2024, diyakini akan mampu mengembalikan kejayaan Kabupaten Bintan.

Kabupaten paling senior di Provinsi Kepulauan Riau, yang selalu menjadi leader dan contoh baik pemerintahan dari semua kabupaten/kota di Provinsi Kepri. (machfut)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...