Ratusan Polisi Mengawal Sidang Perdana Ferdy Sambo dkk di PN Jaksel

Loading...

Suarasiber.com – Kasus perdana Ferdy Sambo digelar hari ini, Senin (17/10/2022) di PN Jakarta Selatan. Ratusan polisi tampak melakukan pengawalan di lokasi sidang yang juga menghadirkan Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf.

Dari tayangan live televisi nasional di Youtube yang dilihat suarasiber.com hingga berita ditulis, pengamanan tak hanya di layar ruang sidang, melainkan juga di dalam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, pihaknya menurunkan 323 personel. Di luar pengadilan, polisi sibuk mengatur lalulintas yang mengalami pengalihan rute selama sidang berlangsung.

Ada sejumlah pengalihan di Jalan Ampera. Sidang perdana ini direncanakan dimulai pukul 10.00 WIB pagi ini.

Melansir detik.com, sidang akan disiarkan secara streaming hingga ada pengamanan tertutup bagi jaksa. Kejagung memastikan akan ada pengamanan untuk jaksa.

“Tidak ada persiapan dan pengamanan khusus, karena perkara sudah di pengadilan, tentu yang mempunyai kewenangan untuk pengamanan sesuai dengan SOP yang berlaku di Pengadilan, untuk Jaksa Penuntut Umum kita siapkan pengamanan tertutup,” kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Ahad (16/10/2022).

Ketut mengatakan jaksa yang dipilih untuk menangani kasus Sambo merupakan jaksa yang mempunyai pengalaman dan dedikasi dalam penanganan perkara. Kejaksaan mempersilakan masyarakat mengawasi jalannya persidangan.

Sementara itu Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan mengatur pengunjung sidang Sambo karena kapasitas ruangan yang terbatas.

Pejabat Humas PN Jakarta Selatan Djuyamto, Jumat (14/10/2022), menerangkan kasus Ferdy Sambo ini begitu menyita perhatian publik. Pihaknya pun memutuskan untuk menyediakan TV pool agar publik tetap bisa menyaksikan persidangan.

Awak media yang akan meliput persidangan kasus Ferdy Sambo dkk akan diperkenankan mengambil gambar sebelum sidang dimulai. Sementara itu, saat sidang berlangsung, awak media hanya bisa menyaksikan melalui TV pool yang disediakan di wilayah PN Jaksel.

Berdasarkan pengamatan suarasiber.com, televisi nasional yang menyiarkan langsung sidang perdana Ferdy Sambo dkk ini diantaranya Kompas TV, Offocial iNews, tvOneNews, metrotvnews. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...