Pemprov Kepri dan PT Mutu Agung Lestari Pantau Kualitas Lingkungan Bersama

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri dan PT Mutu Agung Lestari berkomitmen untuk memantau kualitas lingkungan. Sebuah kesepakatan bersama pun diteken.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dan menerima audensi jajaran Direksi PT Mutu Agung Lestari di Ruang VIP Bandara Hang Nadim – Batam, Selasa (25/10/2022), setibanya dari Kabupaten Natuna setelah melakukan kunjungan kerja.

Dalam audensi ini juga disejalankan dengan penandatanganan kesepakatan bersama. antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan PT Mutu Agung Lestari tentang pekerjaan pemantauan kualitas lingkungan dan pengujian analiasa parameter kualitas lingkungan dengan nomor dokumen kesepakatan, 120.23/KDH.54/KB-02/2022.

Adapun maksud dari kesepakatan bersama ini adalah bekerja sama menyinergikan dan memanfaatkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh Pemerintah maupun PT Mutu Agung Lestari dalam hal pemantauan kualitas lingkungan.

PT Mutu Agung Lestari sendiri adalah Perseroan Terbatas yang merupakan lembaga sertifikasi di mana salah satu bidang sertifikasinya adalah pengujian laboraturium yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 1997 dengan nomor akreditasi LP-001-IDN dan juga telah mendapatkan registrasi sebagai laboratorium oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan Nomor Rek.0035/LP/LABLING-1/LRK/LH, yang mempunyai tugas pokok melakukan usaha di bidang jasa laboratorium lingkungan.

Gubernur Ansar, dalam audensi ini menyampaikan selamat atas kehadiran PT Mutu Agung Lestari di Provinsi Kepulauan Riau, dimana Provinsi Kepulauan Riau sebagai daerah yang perkembangan investasinya sangat cepat tentunya membutuhkan alat kontrol pengawasan agar lingkungan yang kita tempati memenuhi unsur kelayakan dalam batas yang dapat ditolerir.

“Daerah kita adalah daerah yang padat akan kawasan industri, tentunya kita butuh monitoring lingkungan agar air, tanah, udara yang kita manfaatkan setiap hari dalam batas layak. Dengan adanya laboratorium lingkungan ini dampak-dampak dari pencemaran lingkungan dapat kita minimalisir,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Mutu Agung Lestari, Ir Arifin Lambaga, M.S.E. mengatakan keberadaan laboratorium lingkungan menjadi gambaran ke depan bahwa prospek pemantauan kualitas lingkungan menjadi suatu mandatori dari pemerintah yang menjadi tanggung jawab bersama dalam suatu pelaksanaan pemantauan, pengendalian dan pencemaran kualitas lingkungan, di mana semua bidang jasa baik pengguna maupun penyedia jasa dalam pemeliharaan lingkungan.

“Semoga dengan kehadiran laboratorium di Batam ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas dasar hubungan yang saling menguntungkan,” jelasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri Hendri, ST, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri Rika Azmi, serta dari PT. Mutu Agung Lestari EVP. Pemasaran dan pengembangan sidik Ahmad, Kepala SBU Medan Asri Martha dan SPV Marketing Batam Aldo Siringoringo. (zah/eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...