Mengenal Pawai 1.000 Telur Bunga Rampai di Tanjungpinang

Loading...

Suarasiber.com – Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri memiliki beragam atraksi budaya tradisional. Salah satunya yang mungkin belum banyak dikenal orang luar ialah pawai 1.000 telur bunga rampai.

Pawai ini diselenggarakan oleh Himpunan Keluarga Serasan menyambut Maulid Nabi Muhammad 1444 H di Tanjungpinang, Ahad (9/10/2022).

Prosesi diawali dengan jalan kaki oleh keluarga besar Serasan dari SMPN 4 hingga Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Pada kesempatan ini hadir juga Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP.

Rahma bersyukur karena setelah 2 tahun dalam kondisi pandemi Covid-19, saat ini kembali dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi.

“Alhamdulillah, kita kembali dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi secara bersama dan dapat melaksanakan kembali tradisi pawai membawa telur bunga rampai.

Pandemi Covid-19 telah kita alami lebih kurang 2 tahun lamanya dan berkat rahmat Allah SWT kondisi kasus aktif Covid-19 di Kota Tanjungpinang terus melandai sehingga hari ini dapat berkumpul dan kita patut bersyukur karena dapat bersilaturahmi bersama keluarga besar Keluarga Serasan,” ungkapnya.

Rahma berharap melalui momentum maulid nabi dapat menjadikan kita semua insan yang lebih bertakwa. “Ambil hikmah dari peringatan maulid nabi ini, tidak sekadar berkumpul bersilaturahmi dan melaksanaan adat kebiasaan, tetapi kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan ajaran Rasulullah,” sambungnya.

Terakhir Rahma juga menyampaikan, sebagai wujud perhatian pemerintah dalam mensyiarkan agama, terutama dalam membentuk qari dan qariah terbaik, dalam waktu dekat Pemkot Tanjungpinang akan meresmikan Quran Center yang telah selesai dibangun.

“Insyaa Allah, dalam waktu dekat akan diresmikan penggunaan gedung Quran Center yang kami beri nama Syahrul Quran sebagai wadah untuk mendidik para santri untuk menumbuhkembangkan kebiasaan membaca dan menghafal Alquran, dan menjadi calon Qori dan Qoriah,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Rizaldi Siregar. Hadir pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Gubernur, Dr H Muhammad Dali MM, anggota DPRD Provinsi Kepri Drs H Ilyas Sabli MSi dan H Lis Darmansyah SH dan anggota DPRD Kota Tanjungpinang. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...