Kafilah Kepri, Muhammad Arya Marshall Masuk Final MTQ Nasional XXIX Cabang Tilawah Anak-anak

Loading...

Suarasiber.com – Juara Harapan I Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XI tahun 2021 cabang tilawah abak-anak putra asal Kepri, Muhammad Arya Marshall (Ical) kembali berlomba di MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan.

Ical berhasil masuk final dan menunjukkan kemampuannya di depan dewan juri pada pagi ini, Senin (17/10/2022). Dilihat suarasiber.com dari live streaming Youtube Lombok Qurani, Acal memegang nomor peserta TQ 106.

Ia membawakan Surah Albaqarah ayat 261 dan seterusnya halaman 44. Perjuangan Ical untuk sampai ke final cabang tilawah anak-anak ini cukup panjang. Total ada 68 peserta dari seluruh Indonesia, kemudian diambil 3 putera dan 3 puteri.

“Ical tampil ke-3 setelah kafilah dari Jawa Timur dan Jawa Barat,” kata ayah Ical, Zainal Plong ketika dihubungi suarasiber.com.

Zainal mendampingi anaknya yang datang sebagai salah satu wakil dari Provinsi Kepulauan Riau di MTQ Nasional XXIV di Kalimantan Selatan.

Saat berita ini diunggah, dewan juri masih menyelesaikan penilaian untuk tilawah kategori remaja. “Minta doa kepada masyarakat Kepri,” ungkap Zainal.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menurunkan 54 kafilah di MTQ ini, yang berlangsung 10 – 19 Oktober 2022. Kepri menargetkan masuk lima besar.

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, Tengku Afrizal Dahlan memimpin keberangkatan kafilah Kepri menuju arena MTQ Nasional ke XXIX Kalsel.

Kafilah Kepri turun di 8 cabang dan 46 golongan. Rinciannya cabang Seni Al-Qur’an dengan 10 golongan putra dan putri, cabang Qira’at Al-Qur’an dengan 6 golongan putra dan putri, serta cabang Hifzhil Qur’an/Hafalan Al-Qur’an dengan 10 golongan putra dan putri.

Kemudian cabang Tafsir Al-Qur’an yang terdiri dari 6 golongan putra dan putri, Fahmil Qur’an dengan 2 golongan beregu putra dan putri, serta Syarhil Qur’an dengan 2 golongan beregu putra dan putri. Selanjutnya cabang Kaligrafi Al-Qur’an dengan 8 Golongan beregu putra dan putri serta cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) dengan 2 golongan putra dan putri.

Ke-54 orang peserta yang mengikuti MTQ Nasional merupakan putra dan putri terbaik dari enam Kabupaten dan Kota di Kepri. Kota Batam mengirimkan 25 peserta, Karimun 14 orang, Lingga 7 orang, Bintan 5 orang, Anambas 2 orang, dan Natuna 1 orang. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...