free page hit counter

Tanaman Bonsai, Jenis Pohon dan Penjelasannya

Loading...

Suarasiber.com – Tanaman bonsai adalah pohon yang dikerdilkan dan biasanya bisa ditanam dalam sebuah pot tanaman. Biasanya dibuat sebagai miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas untuk hiasan maupun sebagai tujuan pembelajaran.

Seni bonsai pertama kali muncul di China pada masa pemerintahan dinasti Tsin (265-420). Di masa dinasti Tang (618-907), seni mengerdilkan tanaman ini semakin diminati. Itulah mengapa kita banyak melihat tanaman bonsai ada dalam lukisan-lukisan yang dibuat pada zaman dinasti Tang.

Sejumlah keunikan bonsai diantaranya, memiliki bentuk yang cukup kecil dan dianggap sebagai miniatur dari pohon aslinya yang besar serta tua. Kemudian ukuran tumbuhan bonsai memiliki varian yang cukup banyak, yaitu berukuran yang sangat kecil, kecil, sedang, akbar sampai sangat akbar.

Pohon ini juga memiliki gaya tersendiri dengan bentuk pohonnya yang lurus tegak, menggantung, miring, meluruskan berliku, dan lain-lain. Selanjutnya umurnya bisa bertahan sampai mencapai puluhan hingga ratusan tahun. Keunikan lainnya, memiliki harga yang cukup tinggi.

Tanaman Bonsai dan Jenis Bahannya

Berikut ini adalah sejumlah pohon yang bisa dijadikan tanaman bonsai dengan perawatan dan teknik yang tidak bisa dikerjakan asal-asalan.

Anting Putri

Anting Putri atau Water Jasmine atau yang bernama Ilmiah Wrightia religiosa merupakan Tumbuhan berbunga dari Genus Wrightia dan dari keluarga Aponyceae Tumbuhan berupa semak hijau atau pohon kecil dengan cabang ramping tingginya bisa mencapai 3 meter. Daunnya berbentuk oval tersusun berlawanan dengan ujung daun meruncing panjang 3-6 cm dan lebar 1-2,5 cm.

Serut

Pohon serut merupakan salah satu jenis tanaman bonsai. Bentuk daun batang yang unik membuat tanaman dengan nama ilmiah streblus asper ini sangat cocok untuk memperindah tampilan rumah Moms. Tanaman asli Asia Tenggara ini memiliki daun kehijauan serta batang dahan dan bonggol berwarna putih keabu-abuan.

Santigi

Pohon santigi atau stigi atau Pemphis acidula, merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh di daerah pesisir berpasir, atau di tepi hutan mangrove. Tanaman ini tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan tersebar luas di pesisir Asia Selatan, termasuk Indonesia.

Tanaman Bonsai Kemuning

Kemuning termasuk suku jeruk-jerukan, merupakan tanaman perdu yaitu pohon kecil yang bercabang banyak dengan tinggi 3-8 meter. Batang, keras, beralur dan tidak berduri. Daun, termasuk daun majemuk menyirip ganjil, dengan anak daun 3-9 yang tumbuh berseling.

Sancang

Sancang merupakan genus tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga Lamiaceae, masih bersaudara dengan jati. Pertama kali, genus ini dideskripsikan pada 1771 dan sampai sekarang telah memiliki sekitar 200 spesies berbeda yang mayoritas tersebar di Asia bagian tropis.

Di Indonesia, beberapa jenis pohon sancang juga dapat dijumpai, meski jumlahnya sangat sedikit, terutama di Sumatera dan Kalimantan bagian tengah dan timur.

Beringin

Beringin, yang disebut juga waringin atau ara, dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai. Beringin adalah tumbuhan asli dari Asia dan Australia.

Tanaman Bonsai Cemara

Pohon cemara merupakam salah satu jenis tumbuhan yang bisa dibuat bonsai yang cantik dan unik, bentuknya yang kerucut serta ranting pohon yang beruas-ruas, membuat tumbuhan yang satu ini menjadi tanaman iconik ketika perayan Natal tiba. Pohon Cemara sendiri terbagi menjadi 70 Jenis pohon, tetapi hanya beberapa jenis pohon cemara yang cantik jika di jadikan Bonsai.

Pohon Cemara sendiri merupakan tumbuhan hijau abadi yang jika dilihat sepintas mirip seperti tumbuhan tusam, karena ranting pohon cemara yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil.

Namun pada kenyataannya pohon cemara ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai baik jantan maupun betina pasti berbunga. Perbedaanya bunga betina tampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan, sedangkan yang jantan tidak.

Menurut Aries, penghobi bonsai di Tanjungpinang sejumlah pohon di atas bisa ditemukan di kotanya. Namun yang lebih penting ialah bagaimana teknik membentuk dan merawat bonsai.

Misalnya pohon beringin, bahannya bisa ditemukan di banyak tempat. Namun untuk menjadikannya bonsai yang memiliki estetika tinggi itu yang tak bisa dilakukan semua orang.

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa dibuat pohon bonsai. Semoga bermanfaat. Di sini Anda juga bisa membaca informasi tanaman dalam ruangan yang cocok di rumah. Bonsai juga cocok di pekarangan yang dilengkapi kursi taman sehingga tamu bisa merasakan suasana alam.***

Loading...