free page hit counter

Syarat Tinggi Badan untuk Masuk Taruna TNI Direvisi, Ini Aturan Barunya

Loading...

Suarasiber.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengubah syarat tinggi badan dan usia bagi para calon taruna dan taruni pada Tahun Angkatan 2022. Dengan demikian, Peraturan Panglima TNI Nomor 31 Tahun 2020 pun direvisi di beberapa poin.

Disebutkan dalam peraturan itu, syarat tinggi badan bagi taruna 163 cm yang diturunkan menjadi 160 cm. Sedangkan bagi taruni yang semula 175 cm menjadi 150 cm.

Namun tidak semua akademi militer menggunakan perubahan di atas. Yang disbutkan di atas khusus untuk Akademi Militer Angkatan Darat (AD).

Melansir laman tni.mil.id, Kamis (29/9/2022) berikut ini syarat masuk menjadi taruna.

Akademi Angkatan Udara (AAU)

• Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
• Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm (untuk putra daerah asli Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur minimal 160 cm) untuk pria dan 157 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Akademi Militer (Akmil-AD)

• Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2022;
• Untuk Pria, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm. Untuk Wanita, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 155 cm. Baik Pria maupun Wanita memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Akademi Angkatan Laut (AAL)

• Berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma, tanggal 1 Agustus 2022.
• Pria atau Wanita, mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk calon taruna dan 160 cm untuk calon taruni dengan berat seimbang.

Andika berharap aturan baru ini dapat memberikan keadilan bagi mereka yang ingin bergabung sebagai TNI. Ia pun meminta kepada tim seleksi untuk mematuhi aturan yang sudah direvisi.

Sejumlah aspek disebut pihak TNI jadi penilaian utama bagi para Calon Taruna (Catar) di Tahun ajaran 2022 ini. Aspek penilaian itu di antaranya aspek psikologi, mental ideologi, administrasi, dan aspek kesehatan.
Usai melewati seluruh tahapan seleksi yang ada, hingga kini telah tersaring sebanyak 401 Catar Akmil (Akademi Militer) 253 Catar AAL (Akademi Angkatan Laut), 150 Catar AAU (Akademi Angkatan Udara). (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...