free page hit counter

Stok Aman, Bintan Masih Mampu Pasok Bahan Pangan ke Tanjungpinang dan Batam

Loading...

Suarasiber.com – Pj Sekda Bintan Ronny Kartika rapat bersama tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kabupaten Bintan di ruang rapat III Kantor Bupati Bintan, Selasa (6/9/2022).

Dalam rapat diungkapkan jika angka inflasi Kabupaten Bintan masih lebih kecil dibandingkan tingkat inflasi di Kota Tanjungpinang, sebagai daerah terdekat.

Merujuk data statistik milik Kota Tanjungpinang, laju inflasi yang terjadi pada periode Januari hingga Agustus 2022 menunjukkan persentase angka sebesar 3,66 persen.

Angka itu terbilang aman dari darurat inflasi, yaitu di angka 5 persen ke atas. Namun demikian, data inflasi di Kabupaten Bintan yang belum dikeluarkan oleh Kemendagri, dapat dipastikan lebih kecil dibandingkan angka inflasi di Kota Tanjungpinang.

“Inflasi memberikan dampak yang cukup signifikan. Tetapi, alhamdulillah pertumbuhan ekonomi yang ada di Bintan jika dibandingkan dengan inflasi yang terjadi, masih berada pada kategori aman,” ujar Ronny.

Disebutkannya juga, lantaran kenaikan BBM, laju inflasi akan tetap ditinjau kembali pada September mendatang.

Ketersediaan bahan pangan untuk warga Bintan juga masih tergolong stabil. Malahan Bintan masih mampu menjadi pemasok bahan pangan untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Menjelang berakhirnya rapat, Ronny atas nama Pemkab Bintan mendorong Satgas Ketahanan Pangan agar mampu menjaga dan mengendalikan ketahanan pangan.

“Lalu sesegera mungkin menyelesaikan kendala yang berpotensi meningkatan jumlah cost, dengan harapan dapat meminimalisir laju inflasi di Kabupaten Bintan,” tutupnya. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...