free page hit counter

Effendi Simbolon Minta Maaf ke Panglima TNI Terkait Ucapannya Soal ‘Gerombolan’

Loading...

Suarasiber.com – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon mengaku sudah bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Pertemuannya ini masih berkaitan dengan ucapannya TNI seperti gerombolan hingga ormas.

Kepada wartawan yang menemuinya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022), Effendi juga mengatakan sudah meminta maaf atas ucapannya saat rapat dengar pendapat di DPR beberapa waktu lalu.

Effendi menjelaskan bertemu di kantor Jenderal Andika. Kepada Andika ia menanyakan apa sikap-sikap TNI. Pertemuan dan minta maaf ini lebih cepat dibandingkan hal serupa yang akan difasilitasi Ketua Fraksi PDIP, Utut Adianto.

“Nanti silakan teman-teman menanyakan langsung ada lebih elok kalau yang bersangkutan yang menyampaikannya,” ujar Effendi, Rabu (14/9/2022), melansir dari detik.com.

Selain sudah bertemu dengan Jenderal Andika, Effendi pun sudah menghubungi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Namun belum direspons. Ia mengatakan siap bertanggung jawan atas ucapan dan sikapnya.

“Saya dari lubuk hati paling dalam, saya mohon maaf atas apa pun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman, di hati para prajurit, siapa pun dia. Dari tamtama, bintara, sampai perwira, bahkan sampai sesepuh, para pihak yang tidak nyaman dengan perkataan diartikan lain,” kata Effendi.

Sebelumnya beredar video sejumlah prajurit memprotes ucapan Effendy Simbolon. Mereka beraksi atas ucapan Effendi yang menyebut TNI seperti gerombolan dan meminta yang bersangkutan memberikan klarifikasi.

Terkait video video itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari menjelaskan bukan atas instruksi TNI AD. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...