free page hit counter

BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair, Cek di Sini!

Loading...

Suarasiber.com – Ini salah satu kabar yang ditunggu, yakni pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp600 ribu per orang.

Pemerintah mencairkan bantuan itu mulai hari ini. Namun hanya warga yang benar-benar memenuhi syarat akan mendapatkannya.

Disampaikan oleh Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, Senin (12/9/2022), penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahap pertama dapat mengecek di rekening Himbara masing-masing.

Sementara pencairannya dilakukan secara bertahap mulai hari ini. Penerima tahap pertama ialah mereka yang sudah memiliki rekening Himbara.

Soal BSU dan BLT ini sebenarnya sudah diungkap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara melalui Youtube Kemendagri RI pada Senin (5/9/2022) lalu.

Kala itu Nazara menjelaskan total anggaran untuk BSU atau BLT subsidi gaji terkait BBM ini adalah Rp 9,6 triliun dengan jumlah penerima sekitar 16 juta pekerja.

Sementara menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, tidak semua pekerja bergaji Rp3,5 juta atau sebesar UMP/UMKM bisa mendapatkan BSU atau BLT subsidi gaji.

Kelompok yang tidak lagi menerima bantuan ini adalah yang telah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN dan anggota TNI-Polri.

Lalu bagaimana cara mengeceknya, apakah Anda termasuk penerima BSU atau BLT atau tidak?

Ikuti tahapannya dengan cara sebagai berikut:

Silakan membuka situs kemnaker.go.id

Kemudian daftar akun. Ini dilakukan jika Abda belum pernah membuat akun seblumnya, Jika sudah masuk ke langkah berikutnya.

Login ke dalam akun Anda

Bagi yang baru, lengkapi profil Anda seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi

Selanjutnya sentuh tombol cek pemberitahuan

Apabila nama Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji, akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT.

Demikian juga jika tidak mendapat, akan mendapatkan pemberitahuan Anda tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT subsidi gaji.

Jika ada pertanyaan, misalnya Anda memenuhi syarat menerimanya namun tidak terdaftar, bisa menghubungi website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...