free page hit counter

Abdullah Azwar Anas Gantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB

Loading...

Suarasiber.com – Mantan Bupati Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) oleh Presiden Jokowi, Rabu (7/9/2022).

Selain pernah Bupati Banyuwangi dua periode, Azwar Anas juga Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebelum Menpan-RB.

Azwar Anas menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada awal Juli 2022 lalu. Tjahjo dan Anas sama-sama kader PDI Perjuangan.

Dunia politik dimasuki lelaki kelahiran 6 Agustus 1973 di Banyuwangi ini saat usianya 24 tahun. Tahun 1997 silam, ia terpilih sebagai anggota MPR RI Utusan Golongan.

Sebelum berlabuh ke PDIP, Anas sempat bernaung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 silam. Bahkan tahun 2004 – 2009 ia masuk parlemen bersama. Namun ia gagal ke parlemen periode berikutnya dan kembali ke Banyuwangi.

Berpasangan dengan Yusuf Widyatmoko, ia berhasil terpilih sebagai Bupati Banyuwangi perdiode 2010 – 2015. Ia didukung oleh PKB.

Periode kedua, pasangan ini menang lagi namun dukungan kali ini dari PDIP. Namun publik mengingat saat ia mencalonkan diri sebagai Wagub Jawa Timur mendampingi Gus Ipul.

Sayang ia diterpa kontroversi foto mitip dirinya bersama seorang perempuan di media sosial. Anas mundur dari bursa Pilkada. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...