free page hit counter

Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf, Ngaku karena Ketidaktahuan

Loading...

Suarasiber.com – Farel Prayoga berhasil memopulerkan lagu Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir Ngombe Dawet.

Ojo Dibandingke diciptakan Abah Lala sementara Joko Tingkir Ngombe Dawet buah karya Tama Halu.

Belakangan lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet mendapatkan kritikan. Salah satunya dari KH Ahmad Muwafiq yang menjelaskan jika Joko Tingkir adalah seorang ulama dan tokoh pendiri kerajaan Islam Pajang.

“Saiki ono wong ngawur, Joko Tingkir mbah buyute ulama, Joko ngombe dawet iki karepe piye, ojo ngawur kang-kang,” (Sekadang ada orang ngawur, Joko Tingkir itu kakeknya ulama, Joko minum dawet itu maksudnya gimana, jangan ngawur) kata Gus Muwafiq dalam sebuah kesempatan pidato.

Mendapatkan kritikan, melalui Youtube Tama Halu 008 langsung merespons dengan mengunggah video permohonan maaf. Ia mengakui lirik yang diciptakan kemudian dikritik karena ketidaktahuannya semata.

Ia mengatakan sama sekali tiada niatan dalam dirinya, benar-banar tidak tahu jika Joko Tingkir adalah ulama yang sangat dihormati di Jawa.

Lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet pun sudah digantinya, tak lagi mencantukan nama ulama tadi.

Hama Talu juga memohon maaf apabila penyampaian permintaan maafnya kurang berkenan karena pengucapan dan sebagainya.

“Tolong dimaafkan karena ketidaktahuan saya tentang Joko Tingkir. Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika permohonan maaf saya ini kurang berkenan dan baik mengucapkannya.

Pada dasarnya tidak ada niatan saya melecehkan nama besar beliau. Itu karena ketidaktahuan saya dan kekurangpahaman saya. Semoga video permohonan maaf saya ini bisa diterima, terima kasih,” ungkapnya. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...