Pemkab Bintan Siapkan Seluruh Administrasi Sambut Bupati Definitif

Loading...

Suarasiber.com – Rabu (10/8/2022), pimpinan DPRD Kabupaten Bintan secara sah mengusulkan Roby Kurniawan menjadi Bupati Bintan definitif.

Terkait hal tersebut, Pj Sekda Bintan Ronny Kartika mengatakan, untuk proses selanjutnya pihaknya akan segera menindaklanjutinya.

“Karena sudah ada usulan pengangkatan Roby Kurniawan Wakil Bupati Bintan menjadi Bupati Bintan definitif ini, Pemkab Bintan akan menyiapkan seluruh administrasinya,” kata Ronny memberikan keterangan.

Persiapan diantaranya menyiapkan seluruh surat keputusan (SK). Termasuk berita acara pengumuman pengangkatan wakil bupati menjadi bupati. Berkas lain yang juga diserakan ialah surat usulan pimpinan DPRD Bintan kepada Mendagri melalui gubernur.

“Berkas-berkas itu, nantinya kami sampaikan ke Gubernur Kepulauan Riau. Selanjutnya, Pemprov Kepri yang mengusulkan ke Mendagri,” tambah Ronny.

Soal persiapan meyambut Bupati Bintan definitif, Kabag Pemerintahan Setdakab Bintan, Herika Silvia, juga mengutarakan hal yang sama.

Semua berkas selanjutnya diunggah ke apliasi SIOLA. Sementara dokumen fisiknya disampaikan ke Gubernur Kepri, melalui Biro Pemerintah Pemprov Kepri.

Ia memperkirakan tahapan isu akan selesai dalam 21 hari. Mengapa ditentukan tenggat waktunya, sebab disesuaikan dengan aplikasi SIOLA di Kemendagri, kata Herika Silvia.

Sekilas SiOLA

Merupakan aplikasi yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2018 silam.

Diberi nama Sistem Online Layanan Administrasi (SiOLA) demi meningkatkan pelayanan publik. Aplikasi ini menyediakan 1 layanan konsultasi dan 14 layanan administrasi yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara.

Penerapan aplikasi ini akan mempermudah layanan administrasi karena tidak perlu bertatap muka. Selain itu, sistem online ini juga lebih cepat dan efisien.

Sebab, untuk meminta surat rekomendasi ke luar negeri saja, orang yang bersangkutan tidak perlu melakukan perjalanan dinas untuk meminta langsung ke Kemendagri.

“Jadi tidak akan menanyakan pada petugas terus dijawab masih dalam proses, namun akan secara transparan proses itu berhenti di mana, kurangnya apa, kalau datanya sudah lengkap SOP yang akan ditentukan akan terselesaikan,” tukas Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo, kala itu.

Layanan offline pun akan ditiadakan karena sistem online ini sudah sempurna. Nantinya, semua layanan administrasi akan melalui ‘SiOLA’ (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...