Sirkuit F1 Bintan Diresmikan Jokowi dan Bamsoet Akhir Bulan Ini

Loading...

Suarasiber.com – Presiden RI Joko Widodo, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad direncanakan meresmikan Sirkuit F1 di Lagoi, Bintan, akhir bulan ini.

Hal ini disampaikan Ketua Hubungan antar Lembaga IMI, Junaedi Elvis, di Jakarta (20/7/2022).

Melansir detik.com, Kamis (21/7/2022) sirkuit ini merupakan kolaborasi IMI dan swasta.

“Mohon doa restu, sehingga tahun depan kita punya Sirkuit Formula 1 dan bisa berkolaborasi dengan Singapura, sehingga (F1) Singapura tutup, adanya di Indonesia,” ungkap Junaedi.

Sementara Bamsoet menjelaskan Bintan International Circuit akan memanfaatkan lahan 237 hektare. Pihak Populous sebagai konsultan internasional dari Inggris yang menangani landscape design kawasan sirkuit sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED), termasuk desain lintasan/track sirkuit.

“Direncanakan di lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor roda dua, dan 18 tikungan untuk Formula 1. Tim konsorsium saat ini sedang mematangkan rencana pengembangan bisnis di kawasan Bintan International Circuit,” kata Bamsoet dalam keterangannya (14/4/2022).

Diberitakan suarasiber.com, 19 Juni 2022, Sirkuit F1 di Bintan akan diberi nama Bintan Internasional Green Circuit. Nama ini muncul dalam pertemuan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Ketua IMI Bamsoet di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

“Hutan mangrove di sekitar sirkuit itu memang sangat luas, bisa satu setengah jam kalau kita berkeliling. Jadi konsep sirkuit ini sangat berwawasan eco tourism,” kata Ansar.

Pertemuan tersebut dihadiri mantan pebalap mobil nasional Tinto Soeprapto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri Ikhsan, Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody Sepka, dan sejumlah konsultan yang ahli di dunia balap. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...