Polsek Lubuk Baja Batam Gelar Penyuluhan Hukum di SMP IT El Yasin, Ini Tujuannya…

Loading...

Suarasiber.com – Polsek Lubuk Baja Polresta Barelang, Batam menggelar penyuluhan hukum di SMPS IT El Yasin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Jumat (157/2022).

Penyuluhan ini dilaksanakan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dan, disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja AKP Samianto. Dengan materi terkait narkoba dan pergaulan bebas.

“Penyuluhan ini diharapkan dapat menghilangkan atau menekan anak-anak dari remaja kemungkinan terjerat kasus hukum. Baik sebagai korban atau pelaku.

Juga untuk menekan kemungkinan pelangaran-pelanggaran yang dilakukan anak usia remaja,” kata Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Lubuk baja Kompol Budi Hartono, SIK, MM kepada redaksi.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja AKP Samianto dalam kesempatan itu menjelaskan pentingnya sosialisasi.

Sebab, saat ini banyak kasus-kasus/kenakalan-kenakalan yang berujung pidana yang dilakukan oleh anak-anak usia remaja dari yang ringan hingga berat.

Seperti perkelahian, pencurian, narkoba hingga pergaulan bebas.

Menurutnya hal ini disebabkan karena sejumlah faktor. Seperti kurangnya pengawasan dari orang tua dan salah pergaulan.

Kemudian karena kurangnya didikan tentang agama di samping juga karena pengaruh dari lingkungan.

Sehingga pencegahan harus dilakukan mulai sejak usia dini (remaja) dengan terus melakukan sosialisasi.

Dan memberikan pemahaman tentang risiko dari kenakalan yang dilakukan dapat berujung pada pidana.

Samianto juga menerangkan tentang bahayanya narkoba. Dia berharap seluruh pelajar SMPS IT El Yasin Batam agar menghindari dan menolak narkoba.

“Tidak ada nilai tambah atau poin baiknya dari narkoba. Yang ada rugi total. Masa depan hancur dan ada hukuman yang menantinya. Fokuslah dengan belajar saja ya demi cita-cita yang diinginkan,” sebut Samianto.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Bhabinkamtibmas Kelurahan Lubuk Baja, Kota Aipda Altom, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjunguma Bripka Wahyudi, Kepala Sekolah SMPS IT El Yasin, para guru serta para pelajar baru tahun ajaran 2022/2023 di SMP tersebut. (masjai)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...