Hasil F1 GP Inggris 2022: Carlos Sainz Juara, Hamilton Naik Podium Lagi

Loading...

Suarasiber.com – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton kembali naik podim di posisi 3 di F1 Inggris GP, Minggu (3/7/2022) di Sirkuit Silverstone. Setelah melalui pertarungan sengit dengan Charles Leclerc.

Finish terdepan pebalap Ferrari, Carlos Sainz setelah menyalip rekannya, Charles Leclerc di lap 43.

Restart balapan di Inggris GP berlangsung seru. Sainz yang memimpin lomba diambil Verstaplen di lap 10, saat pebalap Ferrari itu melebar ke rumput di tepi lintasan.

Verstappen yang di awal restart nyaris celaka karena dipepet Sainz, langsung melesat meninggalkan duo Ferrari, Sainz dan Leclerc.

Sainz dan Leclerc kembali memimpin balapan setelah Verstappen masuk pit di lap 13. Saat kembali ke lintasan, posisi Verstappen melorot ke urutan 6.

Sementara di depan Leclerc semakin dekat dengan rekannya Sainz. Keduanya diikuti Hamilton, Norris dan Alonso. Namun, jarak keduanya dengan Hamilton di posisi 3 semakin menjauh.

Sementara Verstappen yang berada di belakang Alonso, tampak kesulitan dan jaraknya semakin lebar dari Alonso.

Sainz masuk pit di lap 21 dan posisinya melorot ke urutan 3 di belakang Hamilton. Leclerc memimpin dengan jarak 2,5 detik di depan Hamilton.

Keduanya bersaing berebut posisi terdepan dengan jarak hanya sekitar 1,3 detik.

Saat itu Verstappen yang ada di posisi 6 kembali masuk pit. Dan saat kembali ke lintasan melorot ke posisi 8. Dia juga mengeluhkan kehilangan grip di radionya ke tim.

Hamilton memimpin di lap 26 saat Leclerc masuk pit dengan jarak 17 detik dari Sainz di posisi 2.

Memasuki lap ke-30 dari 52 putaran, Verstappen semakin jauh dari persaingan perebutan gelar juara BritishGP 2022 ini.

Hingga lap ke-31, perebutan gelar juara seri F1 GP Inggris hanya milik 3 pebalap, Hamilton, Sainz dan Leclerc. Karena jarak ketiganya dengan Norris (P4) nyaris 30 detik.

Leclerc yang berambisi memangkas selisih poinnya dari Verstappen, menyalip rekannya Sainz di lap 33. Dan langsung memangkas jaraknya dengan Hamilton.

Hamilton di saat yang sama masuk pit dan kembali ke lintasan di posisi 3 dengan jarak 4 detik dari Leclerc di posisi 1.

Verstappen betul-betul kesulitan dengan mobilnya saat disalip Ocon di lap 37 dan melorot ke posisi 9. Sedangkan rekannya Sergio Perez ada di posisi 4, di belakang Hamilton.

Safety car masuk di lap 39 dan membuat jarak pebalap kembali merapat. Masuknya safety car dimanfaatkan sejumlah pebalap masuk pit.

Saat start dimulai lagi di lap 43, Carlos Sainz menyalip rekannya Leclerc. Begitu juga Sergio Perez, pebalap Red Bull Racing juga menyalip Hamilton di posisi 3.

Tiga pebalap Leclerc, Perez dan Hamilton terlibat pertarungan sengit berebut posisi 2. Ketiganya saling salip di lap ke-46 dari 52 putaran.

Perez yang akhirnya merebut posisi 2 dan menjauh di lap 47. Dia disusul Leclerc dan Hamilton, yang bersaing ketat berebut posisi 3.

Duel Leclerc dan Hamilton, akhirnya dimenangkan juara dunia 7 kali itu. Hamilton merebut posisi 3 di lap ke-49. Setelah itu dia menjauh dari Leclerc.

Sementara Verstappen mengambil Vettel dan naik ke posisi 7. Namun di lap 50 , Verstappen diserang Mick Schumacher. Verstappen bertahan dan finish di posisi 7. Berikut hasil F1 GP Inggris:

1. Carlos Sainz, Ferrari
2. Sergio Perez, Red Bull Racing
3. Lewis Hamilton, Mercedes
4. Charles Leclerc, Ferrari
5. Fernando Alonso, Alpine
6. Lando Norris, McLaren
7. Max Verstappen, Red Bull Racing
8. Mick Schumacher, Haas
9. Sebastian Vettel, Aston Martin
10. Kevin Magnussen, Haas. (eko)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...