Cegah Degradasi Wartawan, Dewan Pers Gelar Uji Kompetensi di Batam

Loading...

Suarasiber.com – Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Jumat  (1/7/2022) di di Best Western Hotel, Panbil, Kota Batam. Dan dibuka oleh Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi DP, Asmono Wikan.

Asmono dalam sambutannya mengatakan dengan uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Juga menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, dan menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.

Kemudian, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual dan menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

“Saya mengharapkan seluruh profesi mempunyai kompetensi yang tinggi. Maka hari ini wartawan punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional.

Sisi lain pentingnya UKW, adalah semakin terdegradasinya wartawan di mata orang-orang.

Saya mengharapkan teman-teman semua dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan memiliki sertifikat uji kompetensi wartawan,” kata Asmono Wikan.

Uji kompetensi ini dihadiri antara lain oleh Kadis Kominfo Provinsi Kepri Hasan, S.Sos mewakili Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad. Dan sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan.

Selain itu hadir juga Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK, dan Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers.

Kemudian, Ketua PWI Provinsi Kepri, Koordinator LU IJTI Provinsi Kepri, tim penguji kompetensi wartawan dan peserta uji kompetensi wartawan. (masjai)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...