free page hit counter

Waspada! Penipu Ini Mengincar Toko Stiker dengan Modus Mau Wrapping Mobil

Loading...

Suarasiber.com – Penipu yang menggunakan nama WhstsApp Ivan K baru-baru ini mencari kprban para pemain stiker.

Informasi yang diterima suarasiber.com dari Trisno, Sabtu (18/6/2022), dirinya mendapatkan telepon dari seseorang yang bertanya berapa harga untuk wrapping satu mobil full body pada Jumat (17/6/2022) pagi.

Karena dianggap perlu, Trisno menyimpan nomor si penelepon melalui WhatsApp sehingga otomatis tersimpan namanya.

“Ia menggunakan nama Ivan K. Foto profilnya sepasang suami istri warga Tionghoa. Si lelaki menggendong anak kecil. Warna baju yang dipakai ketiganya serasi, merah,” ungkap seorang wrapping di Tanjungpinang ini.

Agak siang, Ivan K kembali menelepon setelah mendapatkan harga yang disepakati. Ia kemudian mengirimkan bukti transfer dengan nominal Rp3 juta, setelah sebelumnya meminta nomor rekening Trisno.

Setelah Trisno menerimanya, Ivak K kembali menelepon mengatakan sudah transfer Rp3 juta. Namun ia meminta agar Trisno mentransfer yang Rp1 juta ke rekening tukang jok yang sedang mengganti joknya.

“Nanti biar tukang jok yang mengantarkan mobil saya ke tempat Mas. Biar dia yang ngurus semuanya mas nanti. Kekurangannya kalau wrapping sudah selesai, ya,” ujar Trisno menirukan ucapan Ivan K.

Namun Trisno curiga dengan bukti transfer yang dikirimkan kepadanya. Beruntung ia menggunakan mobile banking sehingga bisa mengecek status transaksi.

Dugaannya benar, itu hanya tipuan. Ketika bermaksud membuka WhatsApp Ivan K menelepon lagi mengatakan baru mendapatkan nomor rekening tukang jok dan segera mengirimkannya ke Trisno.

Namun Trisno tak lagi menggubris Ivan K dan langsung memakinya.

Hal serupa juga dialami pemain stiker lainnya, Ali. Bahkan Ali sudah menerima nomor rekening yang disebut Ivan K sebagai tukang jok.

Sama seperti Trisno, Ali pun mendapatkan telepon dari Ivan K karena ingin wrapping Innova Reborn.

Manurut Ali, si penipu sedikit banyak memelajari stiker karena ia tahu bahan stiker merek tertentu.

“Ia minta mobilnya dibungkus pakai bahan hitam doff Oracal,” ujarnya.

Awalnya Ali juga tidak curiga. Apalagi ia terbiasa meminta konsumen untuk membayar uang muka. Kemudian Ivan K mengirimkan bukti transfer dengan nomimal Rp3 juta lebih Rp6 ribu.

Tak lama ia menelepon meminta tolong agar yang Rp1 juta ditransfer ke rekening tukang jok yang sedang memperbaiki joknya.

Saat suarasiber.com mengecek nomor yang dipakai Ivan K, ternyata sama yaitu 082132084213.

Sementara nomor rekening yang disebutnya dengan tukang jok adalah BNI 1411037197 atas nama Asep Amarulloh.

Trisno dan Ali pun mengingatkan agar tukang stiker di manapun berada waspada. Penipu juga sudah memelajari kondisi sebuah daerah, ia menyebutkan tukang jok di sebuah lokasi yang memang ada. Namun tentu saja semua itu hanya untuk memuluskan niat jahatnya.

“Tolong dicek status transaksinya. Jangan langsung percaya begitu saja. Bagi yang tak terbiasa menggunakan mobile banking mungkin akan percaya dengan hasil editan bukti transfer editan. Satu lagi, penipu akan menelepon Anda berkali-kali,” pesan Trisno yang dibenarkan Ali. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...