free page hit counter

Quartararo Juara Paruh Musim MotoGP 2022, Honda Hancur

Loading...

Suarasiber.com – MotoGP Belanda, Minggu (26/6/2022) menandai berakhirnya separuh musim balapan musim ini. Fabio Quartararo jadi juaranya dengan perolehan 172 poin, meski pebalap Monster Energy Yamaha ini gagal finish di Sirkuit Assen, Belanda.

Namun, perolehan poinnya unggul banyak atas Aleix Espargaro dari tim Aprilia di posisi dua dengan 151 poin. Berikutnya dalam posisu 10 besar, adalah;

Johann Zarco, Ducati 114 poin
Fransesco Bagnaia, Ducati 106 poin
Enea Bastianini, Ducati 105 poin
Brad Binder, KTM 93 poin
Jack Miller, Ducati 91 poin
Joan Mir Suzuki 77 poin
Alex Rins, Suzuki 75 poin
Miguel Oliveira, KTM 71 poin.

Dari 10 pebalap itu tidak seorang pun pebalap MotoGP dari tim Honda. Baik dari Repsol Honda maupun LCR Honda.

Marc Marquez sedang berkutat dengan cederanya. Tanpa Marc, Pol Espargaro, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami terbukti tidak mampu bersaing dengan para pebalap dari tim lainnya.

Hasil di dua seri terakhir balapan MotoGP di Jerman dan Belanda, menegaskan ketidakmampuan pebalap Honda di kelas MotoGP.

Bahkan, pada balapan di MotoGP Jerman hanya satu pebalap Honda yang finish, yakni Stefan Bradl yang mengganti Marc Marquez. Itupun finish di posisi buncit atau posisi 16.

Sedangkan tiga pebalap Honda lainnya, Pol Espargaro, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez gagal finish.

Pada seri MotoGP Belanda tadi malam, tiga pebalap Honda berhasil finish. Posisi terbaik diraih Takaaki Nakagami yang finish di urutan 12. Alex Marquez di posisi 15 dan Stefan Bradl di posisi 18.

Sedangkan Pol Espargaro mundur karena alasan medis. Fakta hasil balapan paruh musim ini menjadi tugas berat bagi Honda. Untuk memperbaiki kinerja pebalapnya.

Jika tidak berhasil juga sudah sepatutnya bos Repsol Honda, Alberto Puig membuang semua pebalapnya di kelas MotoGP. Kecuali Marc Marquez.

Hancurnya prestasi para pebalap itu, sekaligus membuat posisi Honda ikut karam di klasemen kontsruktor.

Honda ada di posisi 6 atau buncit dari 6 perancang mesin dengan hanya meraih 1 kali podium di separuh musim balapan MotoGP 2022. Lima teratas diduduki Ducati, Yamaha, Aprilia, KTM dan Suzuki. (machfuf)

Editor Yusfreyendi

Loading...