free page hit counter

Pembangunan di Kepri Dilakukan dengan Sector and Regional Advantage Oriented

Loading...

Suarasiber.com – Kepri terus berbenah untuk menumbuhkembangkan sektor unggulan, menggunakan strategi dual track.

Yaitu strategi pembangunan yang tidak semata berbasis keunggulan dan berorientasi sektor (sector advantage oriented), tetapi mengkombinasikannya dengan pembangunan berbasis keunggulan dan berorientasi regional (regional advantage oriented).

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri kala meresmikan gedung kantor Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang, Selasa (14/6/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menjelaskan Provinsi Kepulauan Riau, sebagai pintu gerbang Indonesia, terutama bagi negara-negara ASEAN, menjadi salah satu benchmark.

Secara geografis Kepri ibarat miniaturnya Indonesia, dengan lautan seluas 96 persen dan hanya 4 persen luas daratan, serta mempunyai 2.408 pulau, yang tersebar dari Selat Malaka, Selat Karimata hingga Laut Natuna, berbatasan langsung dengan hampir semua negara ASEAN.

“Pertumbuhan ekonomi Kepri, secara agregat juga berkontribusi besar terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional dalam berbagai sektor,” ujar Gubernur.

Terkait FKUB, ia menegaskan kerukunan umat beragama merupakan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati.

Juga menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pembinaan kehidupan kerukunan beragama Provinsi Kepri dikategorikan “baik”, dimana indeks kerukunan umat beragama Provinsi Kepri tahun 2021 masuk 10 besar nasional dengan skor 75,5 dan diatas skor nasional.

“Pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran banyak pihak, termasuk orum Kewaspadaan Dini (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT),” tutur Gubernur Ansar.

Gubernur berpesan agar Sekretariat FKUB ini dapat menjadi fondasi untuk mengoptimalkan serta meningkatkan peran sebagai umat beragama. (ky/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...