free page hit counter

Naik Candi Borobodur Direncanakan Bayar Rp750 Ribu, Pelajar Rp5 Ribu

Loading...

Suarasiber.com – Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan rencana tarif naik ke Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan 100 Dollar untuk wisatawan mancanegara.

Sementara untuk pelajar tarif yang harud ibayarkan Rp5 ribu. Hal ini diumumkan Luhut melalui Instagramnya, dilihat suarasiber.com, Ahad (5/6/2022).

“Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja,” tulis Luhut.

Menurutnya, lengkah tersebut diambil semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Ke depan, semua turis harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. Tujuannya menyerap tenaga kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap Borobudur.

“Sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” imbuh Luhut.

Pernyataan ini disampaikan Luhut dalam kunjungan paginya ke Jawa Tengah, 4 Juni 2022.

Pengembangan Borobudur menerapkan prinsip gotong royong yaitu bersama-sama mengembangkannya sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Penekanannya, sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “’single authority agency”.

Harapannya, Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur – Malioboro – Prambanan. Menurut Luhut ini akan mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...