DPT Pilkades Toapaya Bintan, Awalnya 966, Direvisi Jadi 959, Terakhir 1.008

Loading...

Suarasiber.com – Setidaknya ada 1.008 warga Desa Toapaya yang memiliki hak untuk memberikan suaranya pada Pilkades setempat.

Jumlah tersebut merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan dalam rapat pleno Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Toapaya, di Balai Desa Toapaya, Senin (6/6/2022).

Ketua Panitia Pilkades Toapaya, Bintang Oki Alexander menjelaskan, awalnya pihaknya menerima daftar pemilih dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bintan.

Jumlahnya sebanyak 975 pemilih dari 4 TPS di Desa Toapaya. Data tersebut kemudian diverifikasi dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit).

“Kami tetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 966 pemilih. Setelah ditetapkan, ada perbaikan lagi berdasarkan masukan dari masyarakat dan RT. Sehingga menjadi 959 pemilih,” sebutnya.

Belakangan, ada masukan lagi dari RT dan tokoh masyarakat, bahwa masih ada warga yang belum terdata dalam DPS. Warga itu masuk ke dalam daftar pemilih tambahan (DPTb), sebanyak 49 pemilih. Dari data tersebut, direkapitulasi menjadi DPT.

“Kita sudah menetapkan DPT itu sebanyak 1.008 pemilih, yang berasal dari 959 pemilih dalam DPS, ditambah 49 pemilih dalam DPTb. Jadi, DPT untuk Pilkades Toapaya itu ditetapkan sebanyak 1.008 pemilih,” demikian penjelasan Oki. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Baca berita suarasiber.com lainnya di GOOGLE NEWS atau BABE

Loading...