Aris Jualan Madu Kelulut (Klanceng) Hutan, Sarang Lebahnya Diambil Langsung dari Hutan

Loading...

Suarasiber.com – Beternak lebah banyak macamnya. Salah satunya dengan cara memindahkan sarang lebahnya yang ada di hutan ke dekat rumah peternak.

Hal ini dianggap lebih alami, ketimbang harus membuat pancingan di sarang buatan. Ini bisa diterapkan pada sarang lebah kelulut.

“Sarang yang ada di pohon ditebang lalu dibawa pulang. Alhamdulillah sekarang ada belasan sarang di rumah,” ujar Juma Aris yang berjualan madu di sela aktivitas hariannya.

Ia menjamin madunya asli, tanpa campuran. Ia juga mempersilakan bagi calon pembeli yang ingin mengetes kemurnian madunya.

Madu asli yang dijual Aris dikemas dalam bentuk botol sirup. Perbotol dibanderol dengan harga Rp170 ribu.

Enaknya beli madu asli dari Aris ialah, ia bersedia mengantarkan dagangannya ke konsumen. “Kalau tinggal di wilayah Kota Tanjungpinang, Insya Allah saya akan mengantarnya sampai tujuan,” ujar Aris, Jumat (24/6/2022).

madu kelulut asli jualan aris -7hg6
Aris menjual madunya dala kemasan botol situp seperti ini. Foto – suarasiber

Namun Aris mengharapkan konsumen paham, karena madunya asli maka ia tak bisa menyediakan stok dalam jumlah banyak dalam waktu cepat.

“Seminggu paling empat botol. Kami juga masih terus mengembangkan jumlah sarangnya di rumah agar stok bisa lebih banyak,” ungkapnya. Aris bisa dihubungi melalui WhatsApp ini.

Ia mengingatkan, karena madunya berasal dari lebah kelulut maka rasanya bisa berbeda. Ada yang manis, asam manis dan di antara rasa tersebut. Hal ini tergantung makanan lebahnya.

“Memang seperti itu rasanya, jadi buat yang biasanya mengonsumsi madu lebah biasa mungkin agak kaget,” ujar Utomo, seorang konsumen madu kelulut. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...