Bupati Lingga Jemput Peluang APBN ke Bappenas

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar berkunjung ke kantor Bappenas RI, di Jakarta guna menjolok peluang-peluang adanya APBN, Rabu (25/5/2022).

Kunjungan ini merupakan kelanjutan pertemuan antara Pemkab Lingga dan Bappenas sebelumnya.

“Kami mohon arahan untuk tercapainya apa yang kami usulkan,” kata Nizar.

Menurut Nizar, diperlukan upaya ekstra agar Lingga mendapatkan perhatian dari pusat. Apalagi Lingga yang termasuk daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) tidak menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Dengan keadaan ini, justru anggaran pusat tidak turun secara otomatis,” imbuhnya.

Pada Musrenbang Provinsi Kepulauan Riau beberapa waktu lalu, Kabupaten Lingga tidak masuk dalam RPJMN koridor pertumbuhan serta pemerataan.

“Harapan kami, Bappenas dapat menindaklanjuti sehingga Lingga dapat masuk dalam koridor pertumbuhan Provinsi Kepulauan Riau,” papar dia.

Lingga membutuhkan dana dari APBN untuk membangun sejumlah infrastruktur. Seperti jalan nasional dan pembangunan lain diantaranya Kawasan Terpadu Sungai Tenam.

Kawasan Terpadu Sungai Tenam pernah diusulkan ke MCC namun kandas. Nizar memiliki harapan bisa dialihkan ke APBN, dengan skala prioritas.

Ia menjelaskan, Sungai Tenam merupakan pintu masuk ke Kabupaten Lingga.

Sementara Staf Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi menyampaikan akan segeral memfasilitasi usulan-usulan yang disampaikan ke Direktorat Regional 1. (tengku)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...