Sudah 17.000 Ekor Benih Nila Diserahkan Pemkab Lingga ke Petani Ikan

Loading...

Suarasiber.com – Hingga April 2022, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Balai Benih Ikan (BBI) telah mendistribusikan 3.000 benih ikan nila kepada Kelompok Budidaya Nila Pesona, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan.

Paa penyerahan bibit yang ke sekian kalinya, Ahad (10/4/2022) dilaksanakan langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

Nizar juga sekaligus menghadiri tabur benih di tambak, bekas galian bauksit tersebut.

Nizar mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung upaya-upaya budidaya, baik budidaya di air tawar maupun ikan laut, udang, kepiting dan sebagainya.

Terobosan-terobosan ini justru sangat positit. Mengubah pola tangkap menjadi budidaya akan lebih baik, dalam menunjang sektor ekonomi masyarakat, terutama bagi kelompok-kelompok pembudidaya yang ada di Kabupaten Lingga.

“Bantuan ini dijaga dengan baik, semoga memberikan hasil yang baik pula,” kata Nizar.

Melalui BBI yang berada di Desa Kote, di Kecamatan Singkep Pesisir ini, dia menaruh harapan agar dapat lebih inovatif mengembangkan komoditi benih ikan.

Baik di perairan tawar maupun ikan laut yang sangat cocok dan sesuai dengan potensi yang memiliki Kabupaten Lingga.

Menurutnya, salah satu fungsi dari BBI sebagai UPTD dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, untuk menghasilkan benih ikan yang unggul, memenuhi kebutuhan benih ikan, sekaligus untuk memajukan kelompok pembudidaya ikan.

Apalagi dengan luas laut yang besar, Kabupaten Lingga sangat cocok dalam pengembangan komoditas ikan laut yang mempunyai nilai jual tinggi, seperti kerapu cantik. Salah satunya dengan memberdayakan tenaga yang ada di UPTD.

Ia bersyukur masyarakat Lingga kini sudah terbiasa mengonsumsi ikan air tawar. Namun demikian Nizar meminta agar ikan laut juga perlu diperhatikan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lingga, Sutarman mengatakan 17.000 bibit nila yang dibagikan dimulai Januari 2022 lalu. Ada 7 kelompok budidaya ikan air tawar di Lingga yang mendapatkan bantuan bibit.

Menurutnya hingga saat ini permintaan ikan air tawar di Kabupaten Lingga terus meningkat. Tahun 2021 lalu BBI telah mendistribusikan benih ikan kepada kelompok pembudidaya sebanyak 33.500 bibit.

Tahun ini ia memperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah pendistribusian.

Dinas Perikanan juga masih aktif membina kelompok budidaya udang vanamei, agar mandiri dan berkelanjutan dalam berbudidaya. (tengku)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...