free page hit counter

Sst… Ada 81 CPNS yang Curang saat Tes Masuk tapi Belum Didiskualifikasi

Loading...

Suarasiber.com – Sekitar 359 peserta tes seleksi masuk CPNS telah didiskualifikasi karena terbukti curang. Namun, 81 lainnya yang baru terdeteksi curang oleh Bareskrim, belum didiskualifikasi.

“Ada 359 peserta didiskualifikasi sesuai surat BKN. Dan, 81 orang lainnya yang baru ditemukan yang belum didiskualifikasi,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes. Pol. Gatot Repli Handoko kepada wartawan, Senin (25/4/22).

Kecurangan tes seleksi masuk CPNS 2021 ini diungkap oleh Bareskrim Polri. Kasus kecurangan seleksi CPNS ini terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi hingga Sumatera.

“Terjadi mulai dari wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Lampung, hingga Sulawesi Selatan,” jelas Gatot.

Ditambahkannya, kasus curang dalam seleksi CPNS ini dilakukan menggunakan beberapa aplikasi untuk meloloskan CPNS.

Selain itu, para peserta dibantu oleh sejumlah tersangka baik dari sipil maupun aparatur sipil negara (ASN) dalam melakukan kecurangan.

“Terkait kasus ini, kami menangkap 21 tersangka sipil dan sembilan orang ASN,” jelasnya.

Para tersangka dikenakan Pasal 46 Juncto Pasal 30, Pasal 48 Juncto Pasal 32, dan Pasal 50 Juncto Pasal 34 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...