Singapura Buka Pelabuhan Tanah Merah untuk Batam dan Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Singapura mengambil kebijakan membuka pintu untuk Batam dan Bintan melalui pelabuhan Tanah Merah.

Kebijakan ini mulai diberlakukan Jumat (1/4/2022). Hal ini disambut gembira Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Rudi pun bertemu langsung Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Naya, di ruang kerja Wali Kota Batam, Kamis (31/3/2022).

Rudi mengatakan, pertemuan tersebut menjadi langkah Batam untuk menyambut kebijakan terbaru Singapura yang sudah membuka Pelabuhan Tanah Merah.

“Ini momen baik untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi Batam pascapandemi Covid-19,” ujar Rudi, mengutip keterangan resmi.

Rudi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin, dan Asisten 1 Setdako Batam, Yusfa Hendri. Sementara Anil didampingi Konjen Singapura, Mark Low.

Rudi melanjutkan, saat ini mengizinkan PPLN (WNI/WNA) memasuki Indonesia tanpa karantina. Namun, tetap mewajibkan pemeriksaan ulang RT-PCR saat kedatangan di pintu masuk (entry point).

Dengan pembukaan kembali Pelabuhan Tanah Merah, Rudi meyakini Batam-Singapura akan menggeliat lagi.

“Ini momen kebangkitan pariwisata dan ekonomi Batam-Singapura pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Singapura dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi. Bahkan, syarat masuk ke Singapura dari Batam atau Bintan, mulai dimudahkan dan tidak ada pembatasan kuota.

Salah satu syaratnya, bagi warga dari Kepri yang sudah vaksinasi dosis kedua, lalu sebelum berangkat harus menjalani tes antigen atau PCR, maka sesampai di Singa-pura, tidak akan menjalani tes PCR atau antigen lagi. (masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...