Siap-siap Lebaran Tak Bisa Nonton TV!

Loading...

Suarasiber.com – Lebaran adalah momen untuk bermaaf-maafan. Namun setelah kunjungan selesai, paling enak ya nonton televisi.

Sayangnya akan banyak warga Indonesia yang tak lagi bisa menonton televisi.

Ya, penghentian siaran TV analog ke TV digital dipastikan akan mulai dilakukan besok, 30 April 2022. Jika Anda adalah pemilik TV analog, siap-siap saja tak akan bisa menikmati semua tayangan televisi yang kemarin aman-aman saja.

Analog Switch Off (ASO) ini menjadi tonggak perkembangan dunia pertelevsian Indonesia. TV analog di negeri ini sudah mengudara sejak 60 tahun lalu.

Bayangkan betapa jadulnya. Sementara negara tetangga sudah pada pakai TV digital.

“Penghentian siaran TV analog dilaksanakan 30 April pukul 24.00 WIB,” tutur Menkominfo Johnny G Plate, Jumat (29/4/2022).

Penghentian siaran TV Analog Tahap I akan dilakukan untuk 56 wilayah siaran yang berada di 166 kabupaten/kota.

Penghentian TV Analog di Indonesia bakal diberlakukan dalam tiga tahap. Tahap I pada 30 April, Tahap II pada 25 Agustus dan ASO Tahap 3 pada 2 November.

Warga Kepri yang tak bisa lagi berlebaran sambil nonton TV Analog pada 30 April adalah mereka yang bermukim di Tanjungpinang, Bintan, Batam dan Karimun.

Kabupaten lainnya akan mengalami migrasi pada tahap selanjutnya.

Pemerintah pusat membagikan 3.203.854 set top box gratis TV digital dibagikan sejak 15 Maret dan ditargetkan rampung 30 April 2022.

Syarat penerima bantuan ini, mereka yang terdaftar sebagai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, punya KTP WNI, masuk ke wilayah yang terdampak ASO, hingga punya TV analog di rumahnya.

Apakah televisi di rumah Anda masih analog dan belum menyiapkan diri dengan membeli STB? Siap-siap saja berlebaran tak bisa nonton televisi. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...