PT Big Marlin Bakal Bangun Pabrik Fillet, Bakso, Sosis dan Tepung Ikan di Natuna

Loading...

Suarasiber.com – Kabupaten Natuna masih minim investor. Angin segar datang dengan bakal dibangunnya pabrik pengolahan ikan di Selat Lampa.

Persiapan hal itu, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menerima kunjungan perwakilan PT Big Marlin di Ruang Rapat Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (25/4/2022).

Tommy, perwakilan perusahaan yang berpusat di Jakarta ini menjelaskan PT Big Marlin telah mendapatkan izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kuota tangkap sejauh 30 mil ke atas.

“Selanjutnya kita wajib membongkar muatan di Selat Lampa. Namun karena selain storage, kita juga berencana membangun pabrik pengolahan ikan maka membutuhkan area yang cukup besar,” ujar Tommy.

Kunjungannya kepada Gubernur Ansar untuk memohon arahan terkait permohonan izin penggunaan lahan untuk keperluan pembangunan storage dan pabrik pengolahan.

Kepada Ansar, Tomy menambahkan, perusahaannya juga bakal mengakomodir hasil tangkapan nelayan lokal. Nantinya seluruh hasil tangkapan akan diolah mulai dari daging fillet, bakso dan sosis ikan, hingga tepung ikan yang diolah dari tulang ikan.

Gubernur Ansar sangat gembira mendengarnya dan mendukung sepenuhnya. “Selama tidak ada fasilitas pengolahan ikan, sulit untuk menaikkan kesejahteraan masyarakat nelayan,” ungkapnya.

Pihaknya akan membantu memfasilitasi dan menginventarisir izin-izin apa saja yang diperlukan. Tujuan PT Big Marlin akan membantu nelayan lokal. Belum lagi nantinya ada dana-dana CSR dari perusahaan.

Jika nanti berdiri, maka akan mendukung perekonomian masyarakat yang sampai saat ini masih minim investasi.

“Intinya fasilitasi secepat mungkin. Jangan sampai ada lagi izin-izin yang terhambat!” tegas Gubernur Ansar. (suradi)

Editor Yusfreyendi

Loading...