Mabid Ramadan 1443 H di Adzkia, Ada Berbagi Takjil, Salat 5 Waktu Berjemaah dan Permainan

Loading...

Suarasiber.co – TK Adzkia Tanjungpinang, yang berlokasi di Jalan Hanjoyo Putro depan Perumahan Citra Pelita 5 kembali menyelenggarakan Mabid Ramadan ke-7.

Kegiatan ini bagi mereka yang duduk di bangku TK A dan B. Para siswa diantar orang tuanya pada Sabtu (16/4/2022) jam 09.00 WIB dan dijemput Ahad (17/4/2022) pada jam yang sama.

“Mabid Ramadan ini sempat tak jalan dua tahun kemarin karena pendemi Covid-19. Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan kembali,” tutur Kepala TK Adzkia, Isfa Yulinda SPd, saat menemani anak-anak menunggu jemputan.

Selama 24 jam penuh, anak-anak diperkenalkan sekaligus praktik berbagai hal baik dan ibadah Ramadan. Salat wajib 5 waktu dilaksanakan secara berjemaah.

Demikian juga dengan berbuka puasa dan sahur. Bagi sebagian anak, sahur di pesantren kilat ini menjadi pengalaman pertama. Karena mungkin selama di rumah tidak pernah ikut sahur karena belum puasa siangnya.

mabid adzkia 2022
Kiri ke kanan: berbagi takjil, bermain kembang aoi dan makan sahur bersama. Foto – adzkia

“Kalau di rumah susah membangunkan anak-anak, di sini kamia hanya butuh 15 menit untuk membangunkan 30 peserta pesantren kilat,” imbuh Isfa.

Selain itu, anak-anak juga diajak membagikan takjil kepada warga. Bahkan mereka sendiri yang memilih isian minuman ke gelas, sementara gurunya tinggal menambahkan airnya.

Ada juga permainan agar mereka tetap merasa senang selama kegiatan.

Untuk mengawasi 30 anak, Isfa didampingi 9 guru. Setiap kegiatan juga divideokan lalu dibagikan di grup WhatsApp dengan tujuan orang tua yang di rumah bisa melihat bagaimana anak-anak mereka selama sanlat.

Tentu ada yang rewel, namun Isfa dan guru muda lainnya yang memang sudah mengenal anak-anak memiliki beragam cara untuk membuatnya ceria lagi.

“Intinya karena kebiasaan. Kan banyak siswa TK yang fullday, jadi sudah saling kenal dengan teman-temannya. Alhamdulillah semuanya senang, terima kasih kepada orang tua atas dukungannya untuk kegiatan ini,” tutup Isfa. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...