Kemendagri Luncurkan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah

Loading...

Suarasiber.com – Bertepatan dengan peringatan ke-26 Hari Otda, Kemendagri meluncurkan dua aplikasi daring.

Kedua aplikasi tadi ialah Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otonomi Daerah.

Peringatan Hari Otda tahun ini dipusatkan di Kemendagri dan diikuti secara virtual oleh Gubernur dan Forkopimda Provinsi se-Indonesia, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian/Lembaga, serta Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Indonesia, Senin (25/4/2022).

Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro, membacakan sambutan Mendagri Tito Karnavian yang mengatakan setelah 26 tahun berlalu, Otda telah memberikan dampak positif.

Dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia, bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah.

“Namun data juga menunjukkan bahwa filosofis dari tujuan otda belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data dari Ditjen Otda Kemendagri selama kurun waktu tersebut terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)” ungkap Suhajar.

Pemulihan ekonomi, penerapan prokes, dan vaksinasi juga menjadi instruksi dalam sambutan Menteri Dalam Negeri pada peringatan hari Otda itu.

Dari Kepri, Gubernur Ansar Ahmad mengikuti jalannya kegiatan dari Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tanjungpinang.

Gubernur didampingi Forkopimda Provinsi Kepri; Pj. Sekdaprov Kepri, Eko Sumbaryadi; para asisten, staf ahli dan Kepala OPD Pemprov Kepri. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...