Karimun Kabupaten Pertama Jalankan Program ASN Ber-AKHLAK yang Dicanangkan Presiden Jokowi

Loading...
Banner Karimun

Suarasiber.com – Pemkab Karimun di Provinsi Kepri terpilih sebagai kabupaten pertama di Indonesia yang mendapatkan internalisasi langsung dari program ASN dengan budaya kerja Ber-AKHLAK.

Program ini dilaunching oleh Presiden Ir Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu.

Ber-AKHLAK merupakan kependekan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Launching dan internalisasi nilai-nilai atau core values BerAKHLAK serta employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau, kemarin.

Internalisasi core values atau nilai-nilai BerAKHLAK kepada ASN di lingkungan Pemkab Karimun ini dilakukan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Dr H Suhajar Diantoro M Si.

Dalam internalisasi ini, Sekjen Kemendagri juga menggandeng Founder ESQ Leadership Center, Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian yang merupakan seorang motivator ternama di tanah air untuk memberikan pemahaman kepada ASN di lingkungan Pemkab Karimun.

Sekjen Kemendagri, Dr H Suhajar Diantoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peluncuran core values Ber-AKHLAK ini bertujuan untuk menyatukan budaya kerja bagi ASN baik di tingkat pusat maupun daerah.

Budaya kerja yang dimaksud adalah bagaimana ASM mampu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat dengan mengikuti perkembangan zaman.

“Bapak Presiden ingin agar seluruh ASN itu punya budaya kerja yang sama. Program ini orientasinya adalah bagaimana ASN semakin mampu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat,” kata Suhajar.

Ditambahkan Suhajar, tugas ASN ialah melayani masyarakat dengan baik dan menempatkan posisinya di bawah rakyat.

Kata kunci melayani lebih baik ialah mengubah budaya kerja. Budaya kerja harus mengandung nilai-nilai Ber-AKHLAK.

Sementara itu, Bupati Aunur bersyukur Kemendagri memilih Kabupaten Karimun sebagai daerah pertama yang mendapatkan internalisasi program ini.

Ia mendukung dan sangat siap untuk bertransformasi mewujudkan ASN dengan core values atau nilai-nilai BerAKHLAK.

Kesiapan ini ditandai dengan pernyataan komitmen oleh masing-masing kepala OPD dan dengan diluncurkannya tagline ‘ASN BerAKHLAK, Karimun Bangkit, Bangga Melayani Bangsa dan Berkarya’.

(suradi)

Editor Yusfreyendi

Loading...