Benarkah Kepri Hanya Kirimkan 8 Kafilah ke FASI XI karena Terbatasnya Dana?

Loading...

Suarasiber.com – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI Tahun 2022 baru saja usai 27 Maret 2022 lalu. Jawa Barat, Kalsel dan Sulsel menempati tiga besar pemenangnya.

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengirimkan 8 kafilah. Lima dari Kota Batam, dua orang dari Tanjungpinang dan seorang dari Karimun.

Satu diantaranya, Muhammad Aria Marshall, menjadi Juara Harapan I tilawah untuk anak-anak putera.

FASI XI Tahun 2022 sendiri diikuti oleh 2.269 orang, yang terdiri atas peserta lomba 844 orang, ofisial dan penggembira.

Provinsi lain mengirimkan cukup banyak kafilah. Pelepasannya pun dilakukan meriah, baik oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKMRI) maupun Pemprov masing-masing.

“Mengapa Kepri hanya 8 kafilah, menurut saya terlalu sedikit. Karena banyak cabang lomba yang tidak kita ikuti. Jadi saat di Palembang sangat terlihat betapa sedikitnya kafilah kita,” ujar Zainal Hafizhin, ayah dari Muhammad Aria Marshall kepada suarasiber.com, Kamis (31/3/2022).

Selain itu, Zainal juga menyoroti masalah persiapan keberangkatan. Kafilah dari Batam, Tanjungpinang dan Karimun diminta bertemu di Bandara Hang Nadim lalu berangkat bersama-sama.

Karena kebetulan ia tinggal di Bengkong, maka pelepasan untuk anaknya, Marshall dan kafilah lain, Rafif dilaksanakan oleh TPA Al Amin, tempat mereka mengaji.

Saat pelepasan itulah justru sejumlah pihak memberikan sumbangan uang saku kepada Marshall dan Rafif. Diantaranya Lurah Sadai, Hardiansyah; Ketua RW Sarmen Raya, Suwarsono; Ketua LPM Tanjungbuntung, Ayup Purnomo; TPQ Yayasan Al Amin; jemaah Masjid Al Amin; Ketua Yayayan Perjamu, M Toifin; tokoh masyarakat H Erwin dan Arnoli.

“Kafilah dari Tanjungpinang dan Karimun saya tidak tahu seperti apa pelepasannya. Saya dengar Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) sudah mengupayakan dana dan dapatlah tiket pulang pergi,” kata Zainal.

Selama berada di Palembang, ia mengakui peran Badan Musyawarah Guru Al-Qur’an (BMGQ) Kota Batam. Seperti untuk makan orang tua kafilah, karena untuk peserta mendapatkan makan dari panitia.

Selain orang tua kafilah, rombongan dari Kepri juga didampingi Ketua BMGQ Batam Ustaz Deden Sirajuddin SPdI, Ketua BKPMRI Kepri H Maryono dan offisial lain.

Zainal berharap ke depan ada koordinasi yang lebih baik antara BKPMRI dan Pemda untuk FASI selanjutnya. “Jadikan satu tempat, dilepas bersama sehingga ada semangat. Ini seperti dibiarkan sendiri-sendiri. Mereka kan anak-anak, pasti senang,” kata dia.

Sementara itu Ketua BKPMRI Kepri, H Maryono yang dihubungi suarasiber.com terkait apakah keberangkatan kafilah FASI XI ke Palembang karena terkendala dana, yang bersangkutan belum memberikan jawaban.

Pesan lewat WhatsApp ke nomornya yang dikirim Kamis (31/3/2022) hingga Jumat (1/4/2022) belum dibalas, meski sudah centang dua biru. (masjai)

Editor Yusfreyendi

Loading...