Arab Saudi Terima 1 Juta Jemaah Haji Tahun 2022

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan menerima 1 juta jemaah haji untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Ini diambil setelah pembatasan ketat akibat pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama dua tahun terakhir.

Melansir Saudi Gazette, Ahad (10/4/2022), Kementerian Haji dan Umrah Saudi menjelaskan bahwa penentuan angka tersebut guna memastikan seluruh jemaah bisa melakukan ibadah haji dalam kondisi yang aman dan khusuk.

Sementara soal angka tiap-tiap negara akan diputuskan dengan pertimbangan kepatuhan terhadap semua rekomendasi kesehatan yang dikeluarkan Saudi.

Kementerian memberikan syarat jemaah yang bisa menunaikan ibadah haji tahun ini, sebagai berikut:

  1. Berusia di bawah 65 tahun.
  2. Mendapat vaksin Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.
  3. Jamaah dari luar negeri wajib menyerahkan hasil tes PCR Covid-19 negatif yang dilakukan setidaknya 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Diketahui, Arab Saudi telah menyetujui sembilan vaksin Covid-19, yakni Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson&Johnson, Sinopharm, Sinovac, Covaxin, Sputnik, dan Covovax.

Warga asing yang sudah mendapat vaksin-vaksin itu diperbolehkan masuk Saudi. Kementerian juga mengimbau semua jemaah harus mengikuti protokol dan mematuhi semua tindakan pencegahan demi menjaga kesehatan dan keselamatan jemaah. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...