Satbravo 90 Kopasgat Bantu Evakuasi 83 WNI dari Ukraina

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang dibantu oleh Satbravo 90 Kopasgat menjemput WNI yang tinggal di Ukraina, melalui Rumania, Rabu (3/3/2022).

Dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, operasi evakuasi ini melibatkan sejumlah Satbravo 90 Kopasgat TNI AU.

Sebanyak 83 WNI berhasil dievakuasi menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bucharest, Rumania. Rinciannya laki-laki dewasa 11 orang, wanita dewasa 48 orang, anak laki-laki 7 orang, anak perempuan 9 orang, bayi 5 orang dan WNA 3 orang.

Para WNI yang merupakan staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kyiv, Ukraina itu harus menempuh perjalanan darat ke Bucharest, Rumania, sebelum dipulangkan ke Jakarta, Indonesia.

Sebelumnya, tim evakuasi dari Jakarta berangkat Selasa (2/3/2022) dan tiba di Bucharest, Rumania, pada 3 Maret pukul 15.10 waktu setempat.

Selanjutnya kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pukul 20.23 waktu setempat, atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute Perjalanan selama 17 jam dengan melewati Bucharest, Madinah, dan Jakarta.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menegaskan perjalanan yang dilalui WNI tak mudah. Para WNI harus melewati pemeriksaan dan jam malam yang berlaku di sana.

’’Kami berterima kasih kepada tim penjemput, KBRI Bucharest, Kiev, dan Moskow, serta seluruh tim yang telah bekerja keras dan bahu membahu,” katanya.

Dengan keberhasilan pelaksanaan evakuasi tersebut, menunjukkan bahwa Satuan Bravo 90 Kopasgat TNI AU dapat dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, lancar dan sukses. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...