Antisipasi Kejadian Pasar Ikan Pelantar II, Pelat Lantai Pasar Sayur Seyogyanya Diperiksa

Loading...

Suarsasiber.com – Mengantisipasi robohnya pelat lantai di pasar ikan dan tempat parkir Pasar KUD, pemerintah disarankan untuk melakukan pemeriksaan secepatnya di pasar sayur.

“Sebaiknya dalam waktu dekat dilakukan pemeriksaan terhadap kekuatan pelat lantai atau struktur di pasar sayur,” ujar mantan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) Provinsi Kepri periode 2016-2020, Ir Dianoc Rica, Sabtu (5/3/2022) kepada suarasiber.com.

Pemeriksaan itu sebut Dianoc, penting dilakukan untuk mengantisipasi kejadian seperti yang terjadi pada Sabtu pagi itu.

“Kejadian seperti itu bisa mengakibatkan korban jiwa,” ujar Dianoc mengingatkan.

Gubernur Kepulauan Riau atau Wali Kota Tanjungpinang bisa meminta pejabat Dinas Pekerjaan Umum untuk turun ke lokasi dan melakukan pemeriksaan di pasar sayur.

Sementara terkait runtuhnya pelat lantai di pasar ikan dan tempat parkir, menurut Dianoc, kemungkinan pada saat pembangunan secara perhitungan sruktur sudah dianggap kuat.

“Namun seiring berjalannya waktu, terjadi rembesan ke pelat lantai pasar ikan yang mengakibatkan korosi pada penulangan sebagai kekuatan struktur,” jelas Dianoc.

Ujung-ujungnya, terjadi penurunan daya dukung struktur sehingga tidak dapat menahan beban yang ada.

Penyebab kejadian baru akan diketahui dengan pengecekan kembali terhadap perhitungan struktur. Bisa juga dengan melakukan pengetesan kondisi aktual atau perhitungan ulang dengan asumsi kondisi exsisting yang ada. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...